Sukses

Banjir di Banyuwangi Capai Semeter, Lansia dan Anak-anak Dievakuasi

Sementara di bantaran sungai Kali Bagong Sobo, genangan air sempat mencapai ketinggian satu meter lebih. Sejumlah warga harus dievakuasi untuk menghindari adanya korban jiwa.

Liputan6.com, Banyuwangi - Banjir menerjang Banyuwangi pada Senin (17/10/2022) pagi. Luapan sungai Kali Bagong Sobo, membuat ratusan rumah di Perumahan Sutri, Kelurahan Sobo terendam.

Banjir tidak hanya menerjang permukiman penduduk, namun juga meluber ke jalanan. Meski tidak ada korban jiwa, insiden itu mengakibatkan satu rumah ambruk serta aktivitas warga terganggu.

Sementara di bantaran sungai Kali Bagong Sobo, genangan air sempat mencapai ketinggian satu meter lebih. Sejumlah warga harus dievakuasi untuk menghindari adanya korban jiwa.

Warga yang dievakuasi mencapai puluhan orang. Mereka dievakuasi petugas BPBD Banyuwangi, relawan dan juga TNI Polri dengan menggunakan perahu karet dari BPBD Banyuwangi.

"Ada sekitar 20 orang yang dievakuasi tadi, ada anak-anak hingga lansia,” jelas Babinsa Kelurahan Sobo, Serda Didi Budi.

Dari puluhan orang yang dievakuasi, setidaknya dua orang lansia terpaksa dilarikan ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan. Mereka dirawat karena kondisinya yang lemas akibat kedinginan.

Kalaksa BPBD Banyuwangi Ilzam Nuzuli mengatakan, banjir yang melanda sejumlah wilayah perkotaan ini diakibatkan curah hujan tinggi sejak Minggu (16/10/2022) malam.

"Curah hujan yang mengguyur mulai tadi malam sampai pagi tadi, mengakibatkan beberapa wilayah di Banyuwangi terjadi banjir. Sedangkan yang lebih parah terjadi di Perumahan Sutri, sekitar Kali Sobo," bebernya.

Khusus di wilayah Perumahan Sutri, lanjutnya, diakibatkan oleh luapan sungai Kali Sobo yang tidak mampu menahan debit air karena jembatan tersumbat tumpukan sampah. Dampaknya air meluber hingga ke permukiman warga.

"Tapi Alhamdulilah korban jiwa kita cek tidak ada. Hanya sekitar 200 rumah mungkin terdampak genangan banjir," cetusnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rumah Ambruk Akibat Banjir

Ilzam menyebut, fokus penanganan kali ini terpusat di rumah-rumah warga yang berada di bantaran sungai Kali Sabo. Kemudian dilanjut penanganan di wilayah terdampak lainnya.

"Seperti wilayah Gareng, Kampung Ujung, kemudian Pakis Rowo untuk membantu membersihkan rumah dan menyuplai stok makanan," jelasnya.

Sementara salah satu rumah warga yang ambruk, kata Ilzam, tengah dikoordinasikan dengan Dinas PU CKPP Banyuwangi untuk dilakukan tindak lanjut.

"Untuk yang bersangkutan sementara tinggal di rumah saudaranya di Rusunawa. Ada 1 KK berisi 4 orang. Kita juga menyiapkan dapur umum yang di backup Dinas Sosial untuk stok makanan warga terdampak," ungkapnya.

Sementara penanganan selanjutnya adalah jembatan di Kali Sobo. Karena awalnya pintu jembatan di sana mengalami penyumbatan sampah, sehingga jebol dan air naik ke permukiman penduduk.

"Sesuai informasi PU CKPP dan Pengairan tadi, mungkin nanti ada semacam rekayasa di jembatan untuk mengantisipasi kejadian serupa. Insyaallah setelah hujan reda dan banjir surut kita lakukan penanganan langsung hari ini," pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.