Sukses

Ikan Raksasa Kembali Gegerkan Warga Banyuwangi, Kali Ini Hiu Tutul yang Terdampar

Warga Banyuwangi kembali geger dengan ikan berukuran raksasa yang terdapampar di wilayah setempat. Kali ini seekor Hiu Tutul ditemukan terdampar di area Wisata Muara Mbaduk, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran.

Liputan6.com, Banyuwangi - Warga Banyuwangi kembali geger dengan ikan berukuran raksasa yang terdapampar di wilayah setempat. Kali ini seekor Hiu Tutul ditemukan terdampar di area Wisata Muara Mbaduk, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran.

Saat ditemukan, ikan berukuran 5 meter tersebut sudah dalam keadaan mati. Bahkan sudah membusuk dan mengeluarkan bau menyengat.

Dugaanya ikan bernama latin Rhincodon typus telah mati sejak beberapa hari lalu terseret ombak dan berakhir terdampar di Muara Mbaduk.

Warga setempat, Anang mengatakan ikan tersebut ditemukan oleh warga pada Rabu (31/8/2022) pagi.

Berdasarkan cerita dari nelayan, lanjut Anang, ikan itu terlihat sejak beberapa hari lalu di area pantai Poncomoyo. Entah karena apa ikan akhirnya terdampar di Muara Mbaduk.

Saat ditemukan ikan sudah dalam keadaan busuk dan dalam keadaan tak utuh.

"Ikan ditemukan pas di depan area camping ground yang ada di Muara Mbaduk," kata Anang.

Petugas dari Balai Konservasi Dumber Daya Alam telah melihat secara langsung dan melakukan pendataan pada ikan tersebut. Saat ini ikan sudah dikuburkan oleh warga.

"Ikan sudah dikubur oleh warga, karena memang sudah menimbulkan bau busuk," tandasnya.

Sebagai informasi dalam kurun waktu bulan Agustus 2022 ini, di Banyuwangi sudah ada rentetan kasus hewan laut raksasa yang terdampar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Paus Sperma

Di mulai pada 3 Agustus 2022 lalu terjadi di Pantai Bulusan, Kalipuro. Dimana hewan yang terdampar adalah Paus Sperma berukuran 18 meter dengan bobot kurang lebih 30 ton.

Dikarenakan ukurannya yang raksasa, evakuasi memakan waktu hampir satu minggu.

Selanjutnya pada 6 Agustus 2022 lalu, warga juga kembali dihebohkan dengan terdamparnya ikan Hiu Tutul berukuran 4,5 meter di Pantai Ngagelan Taman Nasional Alas Purwo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.