Sukses

Beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya Buka Gelombang II, Siswa SMA Sederajat Silakan Daftar

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memastikan persyaratan pendaftaran beasiswa gelombang 2 ini tidak jauh beda dengan gelombang 1.

Liputan6.com, Surabaya - Program Beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya untuk SMA/SMK/MA sederajat berlanjut ke gelombang dua. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memastikan persyaratan pendaftaran beasiswa gelombang 2 ini tidak jauh beda dengan gelombang 1. 

“Bagi arek-arek Suroboyo yang butuh beasiswa SMA dan sederajat, silakan mengajukan. Pendaftaran mulai 23 Agustus sampai 7 September 2022. Ayo segera daftarkan diri kalian,” kata Eri Cahyadi, Jumat (26/8/2022).

Eri menyatakan, program beasiswa ini untuk menunjang beasiswa yang sudah diberikan oleh pemerintah pusat dan pemerintah provinsi. Ia berharap beasiswa ini dapat memberikan dampak positif bagi arek-arek Suroboyo.

“Semoga tidak ada lagi pemuda Surabaya yang putus sekolah atau tidak bisa melanjutkan sekolahnya,” tegasnya.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Kota Surabaya Wiwiek Widayati mengatakan, beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya gelombang 1 sudah dibuka mulai 17-24 Juni 2022. Kini, beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya gelombang 1 ini sudah memasuki seleksi administrasi.

“Jadi, kita sudah saring MBR-nya dan studinya, karena terkadang adik-adik SMK ini tidak mengisi lengkap di aplikasi, sehingga kita tidak tahu detail profil penerima beasiswa itu, makanya diperlukan seleksi administrasi ini, kalau sudah administrasinya, lalu kita umumkan yang lolos,” kata Wiwiek.

Ia juga memastikan bahwa beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya ini kuotanya sebanyak 13.415 siswa. Kuota itu sudah terpenuhi di gelombang 1 sebanyak 1.421 siswa, dan kuota di gelombang 2 sisanya dari gelombang 1, yakni sekitar 11.994 siswa.

“Jadi, kuotanya sangat banyak. Monggo dimanfaatkan dan segera daftar,” tegasnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Syarat Pendaftaran

Kepala Bidang Kepemudaan, Disbudporapar Surabaya, Pudji Astuti, menjelaskan bahwa pendaftaran beasiswa ini tidak jauh beda dari gelombang 1. Pendaftaran beasiswa itu dilakukan melalui online di laman besmart.surabaya.go.id.

“Beasiswa itu merupakan bantuan biaya pendidikan. Nantinya, mereka yang mendapatkan beasiswa ini akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 200 ribu peranak perbulan, terhitung sejak diputuskan,” katanya.

Pudji Astuti juga menjelaskan detail tentang persyaratan beasiswa itu, yaitu pemuda warga Surabaya (KK/KTP/ Kota Surabaya) yang sedang menempuh jenjang pendidikan SMA/SMK/MA negeri/swasta atau sederajat, melampirkan rapor terakhir, memiliki kesehatan yang memadai, dan mengisi form dan mengunggah file dokumen pada aplikasi Besmart, yaitu besmart.surabaya.go.id.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.