Sukses

Mengenal Ruth Mulyawan, Paskibra Tionghoa Pembawa Baki Upacara HUT RI di Balai Kota Surabaya

Ruth mengungkapkan rasa bangga dan berterima kasih dengan Pemerintah Kota (Pemkot) yang telah memberinya kesempatan menjadi bagian Paskibraka.

Liputan6.com, Surabaya - Ruth Mulyawan, siswi kelas XI SMA Santa Maria Surabaya, menjadi salah satu Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) pada upacara kemerdekaan HUT ke-77 RI di Balai Kota Surabaya pada Rabu 17 Agustus 2022. Total Pakibraka yang bertugas saat ituberjumlag 99 orang.

Siswi keturunan Tionghoa ini bertugas sebagai pembawa baki bendera merah putih. 

Ruth mengungkapkan rasa bangga dan berterima kasih dengan Pemerintah Kota (Pemkot) yang telah memberinya kesempatan menjadi bagian Paskibraka. Dia sangat bangga ditugaskan sebagai pembawa baki sang saka merah putih. 

“Saya pribadi juga berterima kasih kepada pelatih, kakak asuh dan teman - teman serta orang tua telah mendukung saya hingga bisa menjadi seperti saat ini,” ungkap Ruth, Jumat (19/8/2022). 

Saat bertugas sebagai pembawa baki sang saka merah putih, Ruth sempat gugup. Namun, dia tetap profesional dan menjalankan tugas dengan baik sehingga bendera bisa berkibar di tiang bendera halaman Balai Balai Kota Surabaya. 

Ruth Mulyana berharap, pengalamannya menempuh seleksi hingga bisa menjadi bagian dari paskibra dan bertugas membawa baki bendera merah putih HUT ke - 77 RI, di Balai Kota Surabaya, bisa dijadikan motivasi adik tingkatnya di sekolah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Mudah

Menurutnya, sebagai anggota paskibra tidaklah mudah, perlu kesolidan dan ketekunan serta membutuhkan tekad kuat.

“Pengalaman membawa baki ini kan kesempatan sekali seumur hidup. Cukup susah juga, kalau ada salah satu anggota yang gagal bisa nggak fokus semua,” tandasnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.