Sukses

Makin Melejit, Minyak Goreng Curah di Situbondo Dijual Rp19 Ribu Per Liter

Melambungnya harga minyak goreng curah di pasar tradisional itu setelah pemerintah mencabut HET minyak goreng kemasan sederhana maupun kemasan premium pada 16 Maret 2022.

Liputan6.com, Situbondo - Harga minyak goreng di pasar tradisional Situbondo makin melambung, per liter dibanderol hingga Rp19 ribu.

"Di pasaran harga minyak goreng curah ada yang tembus hingga Rp19 ribu per liter," kata Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Situbondo Nugroho, dikutip dari Antara, Sabtu (26/3/2022).

Ia mengemukakan beberapa pasar tradisional yang menjual minyak goreng curah melebihi HET, di antaranya Pasar Kampung terpantau Rp19 ribu per liter, Pasar Panji minyak goreng curah dijual seharga Rp18 ribu per liter, Pasar Kapongan Rp17 ribu per liter.

Sedangkan di Pasar Asembagus, harga minyak goreng curah Rp15 ribu per liter.

"Kalau di Pasar Asembagus (Kecamatan Asembagus) masih terpantau aman, pedagang menjual sesuai dengan HET," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cabut HET

Melambungnya harga minyak goreng curah di pasar tradisional itu setelah pemerintah mencabut HET minyak goreng kemasan sederhana maupun kemasan premium pada 16 Maret 2022.

"Namun demikian, harganya masih terhitung normal, meskipun dijual di atas HET dan ini terjadi di tingkat pengecer," tuturnya.

Dari pantauan, harga minyak goreng curah di sejumlah toko kelontong di seputar perkotaan Situbondo ada yang menjualnya Rp19 ribu hingga Rp20 ribu per liter. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.