Sukses

Upaya Ipuk Hadapi Gelombang Ketiga Covid-19 di Banyuwangi

Ia menyebutkan per 21 Januari 2022 capaian vaksinasi dosis satu untuk umum sudah mencapai 89,16 persen, vaksinasi lansia 96,7 persen, dan vaksinasi anak 79,96 persen.

Liputan6.com, Banyuwangi - Berbagai upaya seperti percepatan vaksinasi, pelacakan, pemeriksaan, dan perawatan, hingga menyiapkan fasilitas kesehatan dilakukan Pemkab Banyuwangi untuk mengantisipasi Covid-19 gelombang ketiga.

"Banyuwangi melakukan berbagai upaya untuk menghadapi potensi terjadinya lonjakan kasus COVID-19, di antaranya percepatan vaksinasi bagi masyarakat umum, lansia maupun anak-anak," kata Bupati Ipuk Fiestiandani, dikutip dari Antara, Senin (24/1/2022).

Ia menyebutkan per 21 Januari 2022 capaian vaksinasi dosis satu untuk umum sudah mencapai 89,16 persen, vaksinasi lansia 96,7 persen, dan vaksinasi anak 79,96 persen.

"Vaksinasi anak kami target tuntas akhir Januari. Kami juga terus menggenjot vaksinasi dosis tiga (booster) beriringan dengan penuntasan dosis satu dan dua. Dengan harapan kekebalan komunal bisa segera terbentuk di masyarakat Banyuwangi," ujarnya.

Selain itu, lanjut Ipuk, penguatan 3T (testing, tracing, dan treatment) adalah kunci untuk menekan transmisi lokal. Setiap ditemukan kasus positif baru akan segera dilakukan pelacakan kontak eratnya.

Menurut Ipuk, aplikasi Pedulilindungi juga diwajibkan bagi para pengunjung di tempat-tempat umum, seperti destinasi wisata, pusat perbelanjaan hingga perkantoran. Pemkab juga menyediakan ruang isolasi yang memadahi dan cukup.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Libatkan Semua Pihak

Tak kalah penting, menurut Ipuk, adalah sinergi yang kuat antara seluruh elemen. Keterlibatan Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat, para camat, kepala desa, hingga organisasi masyarakat untuk penanganan COVID-19 di Banyuwangi, dan termasuk pula percepatan vaksinasi," katanya.

Webinar bertajuk "Tantangan Menghadapi Gelombang Ketiga COVID-19" ini juga menghadirkan berbagai narasumber lainnya, yakni Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Maxi Rein Rondonuwu serta Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir.

Hadir pula para panelis, yakni Ketua Umum Seknas Jokowi, Rambun Tjajo, Koordinator KAPT Bambang J. Pramono, Ketua Dewan Pengarah KAPT, Amarsyah, Marshell Tendean dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida), dan panelis lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.