Sukses

BI Jember Siapkan Rp1,8 Triliun Saat Libur Nataru, Dijamin Cukup

Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan proyeksi yang dibutuhkan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi apabila terjadi peningkatan permintaan selama libur hari raya Natal dan tahun baru.

Liputan6.com, Jember - Bank Indonesia Jember menyediakan uang kartal (kertas dan logam) Rp1,8 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

"Menjelang libur Natal dan tahun baru, kebutuhan uang kartal di Kabupaten Jember, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi diperkirakan sebesar Rp1,2 triliun, sehingga kami menyediakan lebih tinggi dari kebutuhan yakni Rp1,8 triliun," kata Kepala Perwakilan BI Jember Hestu Wibowo dikutip dari Antara, Sabtu (26/12/2021).

Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan proyeksi yang dibutuhkan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi apabila terjadi peningkatan permintaan selama libur hari raya Natal dan tahun baru.

"Apabila dibandingkan 2020, kebutuhan masyarakat terhadap uang kartal mengalami penurunan sebesar Rp797 miliar atau lebih rendah 38,5 persen karena diperkirakan masyarakat semakin sedikit menggunakan uang kartal dalam transaksi sehari-hari selama masa pandemi," tuturnya.

Ia menjelaskan jumlah penarikan uang kartal dari BI Jember (outflow) yang dilakukan oleh perbankan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga Kamis (23/12) telah mencapai Rp1,6 triliun.

Sementara itu, jumlah uang masuk (inflow) dari perbankan ke Bank Indonesia Jember sebesar Rp513 miliar, sehingga BI Jember mengalami net outflow sebesar Rp1,1 triliun.

"Peningkatan outflow diperkirakan akan terus terjadi terutama menjelang Hari Raya Natal dan tahun baru, sebagaimana periode yang sama tahun sebelumnya," katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dijamin Cukup

Hestu mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir akan ketersedian uang kartal selama libur Natal dan tahun baru karena BI Jember akan memenuhi kebutuhan uang kartal dalam nominal yang cukup, jenis pecahan yang sesuai kebutuhan, tepat waktu, dan layak edar.

BI Jember, lanjut dia, melakukan persiapan dan koordinasi dengan Kantor Perwakilan Bl Jawa Timur maupun perbankan, serta infrastruktur sistem pembayaran nontunai untuk memastikan kegiatan transaksi nontunai berjalan dengan lancar.

"Kami juga terus mengoptimalkan sistem pembayaran nontunai melalui Sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS) dan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) guna memastikan terselenggaranya layanan sistem pembayaran yang aman, efisien, handal, lancar, dan inklusif," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.