Sukses

Waspada, Jatim Potensi Hujan Deras Disertai Angin Kencang 3 Hari Mendatang

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto, mengatakan potensi hujan deras disertai angin kencang itu diperkirakan pada sore dan malam hari.

Liputan6.com, Surabaya - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur, mengingatkan warga di sejumlah wilayah Jatim terhadap potensi cuaca ekstrem hujan deras disertai dengan angin kencang tiga hari ke depan.

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto mengatakan, potensi hujan deras disertai angin kencang itu diperkirakan pada sore dan malam hari.

"Dalam tiga hari ke depan sejumlah daerah di Jawa Timur berpotensi terjadi angin kencang disertai dengan hujan deras," ujarnya dikutip dari Antara, Sabtu (20/2/2021).

Ia menjelaskan, dari data yang ada pada pagi hari diperkirakan cuaca akan cerah, berawan, berkabut, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir.

"Kemudian pada sore hari diprakirakan cerah, berawan, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir serta pada malam hari diprakirakan cerah, berawan, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir," ucapnya.

Ia mengatakan untuk suhu udara berada pada kisaran 15 sampai dengan 33 derajat Celsius dan tingkat kelembaban udara berkisar antara 65 sampai 100 persen.

"Untuk kecepatan angin dominan dari Barat-Barat Daya dengan kecepatan 05 sampai dengan 30 kilometer per jam," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peringatan Dini

Ia menjelaskan sesuai dengan pantauan citra satelit, maka pihaknya mengeluarkan peringatan dini tentang hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat.

"Untuk pagi hari di wilayah Kabupaten Madiun, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Bondowoso dan Situbondo," ujarnya.

Kemudian, lanjut dia, pada siang dan sore hari di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan dan Sampang.

"Dengan adanya peringatan dini tersebut diharapkan masyarakat lebih waspada terhadap kemungkinan potensi terjadinya bencana hidrometeorologi seperti tanah longsor dan juga banjir," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.
    Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.

    Cuaca Ekstrem

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Cuaca Ekstrem Jatim