Sukses

Ini Lima Calon Pasangan Kepala Daerah Jatim yang Dapat Rekomendasi PDIP

Liputan6.com, Surabaya- DPP PDI Perjuangan mengumumkan lima pasangan calon kepala daerah yang akan bertarung pada pemilihan kepala daerah serentak di Jawa Timur pada 9 Desember 2020.

"Hari ini DPP mengumumkan 75 pasangan calon kepala daerah dan Jatim ada lima kabupaten,” ujar Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Kusnadi di sela penyerahan rekomendasi tahap ketiga di Kantor PDI Perjuangan Jatim di Surabaya, Selasa, 11 Agustus 2020.

Lima pasangan calon bupati dan wakil bupati yang direkomendasi DPP PDI Perjuangan, yakni Setiajit-Armaya Mangkunegara untuk Kabupaten Tuban, Fandi Achmad Yani-Aminatun Habibah untuk Kabupaten Gresik, dan Ipuk Fiestiandani-Sugirah untuk Kabupaten Banyuwangi.

Kemudian, pasangan Sugiri Sancoko-Lisdyarita untuk Kabupaten Ponorogo serta Kartika Hidayati-Sa’im untuk Kabupaten Lamongan, dilansir dari Antara.

Keputusan itu dibacakan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dalam pengumuman tahap ketiga 75 pasangan calon kepala daerah Pilkada Serentak 2020 secara virtual di Jakarta, Selasa.

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Hasto Kristiyanto ikut menyaksikan langsung pembacaan nama-nama pasangan calon tersebut.

Lima pasangan calon kepala daerah asal Jatim mengikuti pengumuman tersebut melalui dua layar lebar yang dipasang di Kantor DPD PDI Perjuangan Jatim di Surabaya.

Sejatinya, saat pengumuman rekomendasi, seluruh pasangan calon diundang ke Jakarta. Namun, akibat pandemi COVID-19, akhirnya diserahkan ke masing-masing DPD atau di tingkat provinsi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tinggal Lima Kabupaten/Kota

Kusnadi yang juga Ketua DPRD Jatim itu berpesan kepada pasangan calon kepala daerah maupun pengurus di tingkat DPC untuk mengamankan hasil rekomendasi dan berupaya memenangkan pilkada di Jatim.

"Pesan Ibu Ketua Umum saat memberikan pengarahan tadi, semua harus segera turun ke lapangan dan berkonsolidasi dengan harapan memenangkan kontestasi pilkada tahun ini," tuturnya.

Dengan demikian, dari 19 daerah di Jatim yang menggelar pilkada serentak tahun 2020, PDIP sebagai partai politik pemenang Pemilu 2019 secara nasional tersebut sudah mengumumkan rekomendasi calon kepala daerah untuk 14 kabupaten/kota.

Sebelumnya partai berlambang banteng moncong putih itu sudah mengumumkan tiga pasangan pada tahap pertama, yaitu Ony Anwar-Dwi Rianto Jatmiko (Kabupaten Ngawi), Sanusi-Didik Gatot Subroto (Kabupaten Malang) dan Achmad Fauzi-Dewi Khalifah (Kabupaten Sumenep).

Berikutnya, pada tahap kedua pengumuman adalah pasangan M Nur Arifin-Syah Natanegara (Kabupaten Trenggalek), Raharto Teno-M Hasjim Ashari (Kota Pasuruan), Hanindhito Pramono-Dewi Maria Ulfa (Kabupaten Kediri), Rijanto-Marhaenis (Kabupaten Blitar), Santoso-Tjutjuk Sunaryo (Kota Blitar) dan Pungkasiadi-Titik Masudah (Kabupaten Mojokerto).

Lima kabupaten/kota yang belum diumumkan adalah Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Jember, serta Kabupaten Pacitan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.