VIDEO: 42 Desa di Lereng Gunung Lawu Rawan Longsor

VIDEO: 42 Desa di Lereng Gunung Lawu Rawan Longsor

Rumah warga di lereng Gunung Lawu di Magetan, Jawa Timur rusak diterjang longsor. Petugas BPBD dibantu warga berupaya melakukan pembersihan material longsor. Di Kabupaten Magetan sendiri, ada 42 desa di 7 kecamatan yang dinyatakan rawan longsor ketika hujan turun.

Longsor terjadi pada Rabu malam, di rumah Parno (45), warga Desa Ngunut, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan. Sehingga membuat tembok rumahnya jebol tertimpa material longsor batu dan tanah. Selain rumah Parno, rumah milik Sardi (62), warga setempat juga ambrol diterjang material longsor, dari tebing setinggi 8 meter, di belakang rumahnya.

Bahkan sebuah gudang, rusak tertimpa pohon berukuran besar yang roboh, ketika hujan turun dengan deras. Dibantu petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah, BPBD, Kamis pagi pembersihan material longsor dilakukan. Sementara di lokasi lain, sebuah jalan desa amblas tidak kuat menahan curah hujan yang tinggi. Berikut video pemberitaannya pada Liputan6, 21 Februari 2020.

Kabupaten Magetan yang letak geografisnya berada di lereng Gunung Lawu, 42 desa di 7 kecamatan dinyatakan rawan longsor. Untuk itu, warga yang tinggal di lereng diminta segera meninggalkan rumah, ketika hujan turun dengan deras.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 23 February 2020, 15:00 WIB

Video Terkait

Spotlights