Sukses

Gerbong Tutup 2 Jalur di Blora, Jadwal Berangkat KA Jakarta-Surabaya Bakal Terlambat

PT KAI menyatakan belum dapat memastikan penyebab kereta api pengangkut semen itu terguling di perlintasan kereta kawasan Blora.

Liputan6.com, Blora - PT KAI menyatakan, jadwal kereta api (KA) bakal ada keterlambatan karena insiden anjlok dan tergelincirnya kereta api (KA) pengangkut semen di Kawasan Stasiun Doplang, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. KA yang anjlok menutup dua jalur rel di kawasan itu.

"Tetap normal berangkatnya, hanya dimungkinkan akan ada keterlambatan," ujar Krisbiantoro, Manajer Humas Daerah Operasi (Daop) IV Semarang, Kamis (12/12/2019).

Krisbiantoro belum bisa memastikan penyebab KA pengangkut semen itu bisa terguling di perlintasan kereta kawasan Blora.  Disinggung soal jalur KA kawasan stasiun Doplang, dia menuturkan pihak PT KAI setiap hari selalu memeriksa jalur rel Jakarta-Surabaya.

"Tiap hari jalur kereta selalu dicek petugas," kata Krisbiantoro.

Sebelumnya Kapolsek Jati AKP Bajuri menuturkan, bila ada kereta api yang melintas di satu jalur yang masih aktif harus antre baik dari arah barat ataupun dari timur. 

Peristiwa anjloknya kereta api pengangkut semen itu terjadi pada Kamis, 12 Desember 2019 pukul 11.18 WIB. Proses evakuasi dimulai pukul 14.50 WIB. Hingga kini pihak kepolisian masih mengamankan agar muatan semen yang tumpah tidak dijarah warga.

"Kami dari kepolisian saat ini hanya sebatas melakukan pengamanan saja. Soal penyelidikan penyebab, termasuk inventarisir kerugian semuanya dari pihak KAI," ujar dia.

Anjloknya kereta pengangkut semen di jalur rel yang melintasi kawasan Blora ini sempat membuat warga sempat panik. Sebab, suara dentuman ketika anjloknya kontainer cukup mengagetkan warga. (Ahmad Adirin)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

KA Pengangkut Semen Anjlok

Sebelumnya, KA melaju di jalur rel arah dari Stasiun Kampung Bandan menuju Stasiun Kalimas (Jakarta-Surabaya) dengan menarik 20 gerbong bermuatan semen dalam bentuk jadi ambrol berserakan di sekitaran jalur rel pada Kamis siang, 12 Desember 2019.

"Kebetulan posisi anjloknya kereta ini berjarak sekitar 100 meter dari stasiun terdekat. Personil kami langsung laporan ke stasiun, saat ini sedang dicari tahu nama kereta maupun data nama masinis yang bersangkutan," ujar AKP Bajuri selaku Kapolsek setempat. 

Anjloknya KA, di jalur rel yang melintas Desa Doplang, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora ini sontak membuat warga sempat panik. Sebab, suara dentuman ketika anjloknya KA mengagetkan warga. Pasca anjloknya KA, jalur rel menjadi lumpuh sebab tumpahan semen berhamburan dan menutup jalur rel di wilayah setempat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.