Sukses

KAI Daop 8 Surabaya Rayakan Hari Pelanggan Nasional di 2 Stasiun

PT KAI Daerah Operasi 8 Surabaya melakukan berbagai kegiatan dalam menyemarakkan Hari Pelanggan Nasional 2019.

Liputan6.com, Surabaya - Petugas PT KAI Daop 8 Surabaya menebar keceriaan kepada para penumpang KA di Stasiun KA Surabaya Gubeng dan Stasiun Pasar Turi, ketika menerima secara gratis berbagai bingkisan suvenir pada Hari Pelanggan Nasional 2019.

PT KAI Daerah Operasi 8 Surabaya melakukan berbagai kegiatan dalam menyemarakkan Hari Pelanggan Nasional 2019. Para petugas stasiun menyapa langsung penumpang KA dengan sapaan selamat Hari Pelanggan Nasional.

Serta membagikan ratusan suvenir menarik kepada penumpang di Stasiun Surabaya Gubeng dan Surabaya Pasarturi, baik yang berada di stasiun maupun di atas kereta api yang sedang berhenti.

Salah satunya adalah pembagian souvenir di dalam KA Mutiara Timur Siang (KA 87) relasi Surabaya Gubeng-Banyuwangi. Selain itu, pihak PT KAI Daop 8 Surabaya juga melakukan seremonial dengan memberikan salam penghormatan saat keberangkatan KA.

"Menyapa, memberi salam hormat serta membagikan suvenir kepada penumpang KA adalah sebagai bentuk apresiasi kami di Hari Pelanggan Nasional kepada pelanggan kereta api yang sudah setia menggunakan kereta api. Kami akan terus memberikan dan meningkatkan pelayanan terbaik kepada para pelanggan," tutur Manajer Humas Daop 8 Surabaya Suprapto, Rabu (4/9/2019). 

Sebanyak 800 suvenir telah disiapkan KAI Daop 8 Surabaya untuk diberikan kepada penumpang KA dalam kegiatan Hari Pelanggan Nasional ini. Untuk terus mendengungkan Hari Pelanggan Nasional di area stasiun. 

Seluruh petugas frontliner (petugas loket, customer service, kondektur) yang bertugas juga akan memberi salam "Selamat Hari Pelanggan," setelah salam cuaca kepada penumpang KA dan pengujung stasiun.

"Selamat Hari Pelanggan. Terima kasih atas kepercayaan Anda memilih kereta api sebagai moda transportasi. Anda adalah prioritas kami,” ucap Suprapto. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jumlah Penumpang

Tercatat jumlah penumpang KA di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya selama 2018 berjumlah total 11.292.719 penumpang. Jumlah ini naik 9,5  persen dibanding 2017 dengan jumlah penumpang 10.315.954 orang.

Adapun rincian dari jumlah penumpang KA di tahun 2018 berdasarkan kelas keretanya di antaranya :

1. Kereta Eksekutif = 1.551.374 orang

2. Kereta Bisnis = 523.044 orang

3. Kereta Ekonomi = 3.359.959 orang

4. Kereta Lokal Ekonomi = 5.858.342 orang

Ditargetkan pada 2019 ini, jumlah penumpang yang akan naik di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya mencapai 11.863.839, atau naik 5,1  persen dibandingkan dengan tahun 2018.

Untuk jumlah penumpang KA di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya, pada periode 1 Januari 2019 hingga 31 Agustus 2019 sudah mencapai 8.145.683 penumpang atau 6,16 persen di atas dari program dalam kurun periode sama sebesar 7.672.742 penumpang.

"Diharapkan dengan semakin baiknya tingkat kenyamanan dan pelayanan di transportasi kereta api, ini bisa menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk menggunakan transportasi kereta api sebagai mobilitas kesehariannya," kata Suprapto. 

Suprapto melanjutkan, sehingga angka kemacetan jalan raya bisa dikurangi dengan cara membudayakan menggunakan transportasi massal seperti kereta api. Tentunya butuh dukungan dari semua stake holders di wilayah Jawa Timur ini, terutama dari pihak pemda dalam mewujudkan suatu transportasi yang saling terintegrasi antara modal transportasi yang ada. 

"Sehingga transportasi darat, laut dan udara bisa saling bersinergi dalam melayani akan kebutuhan transportasi yang aman, cepat, nyaman dan murah bagi masyarakat pada umumnya, dan khususnya bagi warga Jawa Timur," ujar Suprapto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.