Sukses

Manga Vagabond Ditunda 4 Bulan Demi Penelitian

Manga Vagabond yang menggambarkan ulang perjalanan tokoh samurai Musashi, sangat populer di dunia serta Tanah Air. Sayangnya, belakangan beredar kabar bahwa komik karya Takehiko Inoue itu akan ditunda penerbitannya di negeri asalnya, Jepang.

Edisi ke-12 majalah Morning terbitan Kodansha tahun ini, mengumumkan perihal kabar tersebut beberapa waktu lalu. Di situ, tertulis bahwa Vagabond akan ditunda hingga empat bulan lamanya, seperti diwartakan Anime News Network.

Majalah tersebut juga turut mengungkapkan serta menjelaskan alasan Takehiko menunda penerbitan manga andalannya itu. Disebutkan bahwa sang pengarang kini sedang melakukan penelitian demi keakuratan isinya saat digambar di atas kertas.

Setelah penelitian usai, maka manga yang meraih berbagai penghargaan di bidang komik itu direncanakan terbit kembali pada 19 Juni 2014 di majalah mingguan Morning edisi 29.

Manga Vagabond sendiri dilanjutkan kembali di majalah mingguan pada 2012 setelah lama absen sekitar 18 bulan karena masalah kesehatan sang pengarang. Di Indonesia, pihak Level Comics memegang penuh hak penerbitan Vagabond.

Kisah dalam manga yang terbit pertama kali 1998 lalu itu, mengetengahkan petualangan tokoh Musashi dalam menempuh jalan pedang yang juga tertulis di beberapa karyanya. Beberapa unsur fiktif dan tidak sesuai sejarah dikembangkan oleh Takehiko secara apik.

Vagabond meraih beberapa penghargaan manga di negeri asalnya seperti Kodansha Manga Award untuk kategori umum pada 2000, serta Tezuka Osamu Cultural Prize pada 2002. Takehiko Inoue sendiri sudah populer sejak ia mengarang manga bernuasa basket berjudul Slam Dunk.(Rul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.