Sukses

Ratusan Orang Berunjuk Rasa Tuntut Film Soekarno Ditarik

Ratusan orang berunjuk rasa meminta kepada sejumlah bioskop untuk menarik film Soekarno.

Ratusan orang berkumpul di depan gedung bioskop XXI Planet Hollywood, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (24/12/2013). Mereka melakukan aksi unjuk rasa untuk meminta pihak bioskop menarik film Soekarno: Indonesia Merdeka.

Pantauan Liputan6.com, massa tersebut juga berasal dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Masing-masing di antara mereka membawa kertas karton yang bertuliskan meminta film garapan sutradara Hanung Bramantyo itu ditarik dari bioskop.

"Kami di sini ingin menuntut penarikan film Soekarno. Setelah menonton film Soekarno banyak hal-hal yang memalukan. Misalnya, ketika Bung Karno merangkul Fatmawati, itu memalukan," kata salah satu orator di sana.

Aksi mereka juga menyusul penetapan sementara dari Pengadilan Niaga di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terkait kisruh film itu. Pengadilan telah memerintahkan penyitaan master film serta melarang pemutaran film itu di bioskop.

Kisruh film Soekarno: Indonesia Merdeka bermula dari kekecewaan Rachmawati terhadap Hanung. Rachma menuding suami Zaskia Adya Mecca itu telah mengambil idenya untuk menggarap film Soekarno. Selain itu, Rachma juga tak setuju dengan aktor Ario Bayu yang memerankan tokoh Soekarno.

Selain membawa ke Pengadilan Niaga, Rachma juga melaporkan Hanung dan produser Ram Punjabi ke Polda Metro Jaya dengan tudingan pelanggaran hak cipta. Hanung pun sudah diperiksa penyidik beberapa hari lalu. (fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini