Sukses

Mau Tahu Istri-istri Rhoma Irama? Ini Dia..

Kiprah Raja Dangdut di dunia musik mulai menapaki kesuksesan. Seiring dengan perjalanan karirnya, Rhoma pun mulai disorot kehidupan pribadinya. Salah satunya adalah wanita-wanita yang ada di sampingnya. Dari mulai kedekatan hingga akhirnya dinikahi.

Wanita pertama yang kabarnya menjadi istri pertama Rhoma Irama adalah Titiek. Tidak diketahui pasti sosok Titiek sebenarnya. Namun, dari data yang diperoleh, pernikahan Rhoma dan Titiek hanya berlangsung sembilan bulan dan tanpa dikaruniai keturunan.

Wanita kedua yang menjadi istri Rhoma adalah Veronica Agustina. Rhoma memacari Veronica alias Vero ketika masih dalam proses perceraian dengan Titek. Pertemuan pertama keduanya berlangsung Rhoma tampil menyanyi di Lampung. Veronica menjadi pemain keyboard mengiringi nyanyian Rhoma.


Saat itu, Veronica yang berbeda keyakinan dengan Rhoma belum bisa menikah. Sampai akhirnya, bersamaan dengan pernikahan mereka di tahun 1971, Veroni resmi masuk Islam dan mendapatkan nama Islam, Masyitoh.


Veronica sendiri adalah wanita berdarah Manado-Banten dan memang sudah bergaul dengan Islam sejak masih SD. Waktu itu, meski beraga Khatolik, dirinya sering ikut ke pangajian anak-anak bersama anak pembatu di rumah neneknya.

Kebetulan, nenek buyut dari Veronica, Nyai Isah berasal dari daerah Tigaraksa, Banten, yang memang fanatik Islam. Dengan sang nenek itu dirinya sering bertukar pikiran tentang agama. Sehingga, pada suatu hari sang nenek berkata, "Kamu dan keluarga kamu, nanti akan masuk Islam,".

Pernikahan Rhoma dan Veronica dikarunia tiga anak, yaitu Debby, Vicky, dan Romi. Pernikahan Rhoma-Vero diketahui hanya berusia beberapa tahun. Rhoma menceraikan Veronica saat si Raja dangdut itu sudah menikah dengan Ricca Rachim.


Pernikahan Rhoma dan Ricca sendiri pada tahun 1984. Sebelumnya, Ricca pertama kali bertemu dengan Rhoma pada tahun 1979. Saat itu Ricca menggantikan posisi Yati Octavia sebagai pasangan Rhoma di sebuah film. Di masa-masa berpasangan dengan Rhoma di film itu Ricca sempat menikah dengan pria lain. Namun, pernikahan Ricca tidak berlangsung lama. Ricca bercerai dari suaminya pada 1982.

Posisi Rhoma yang berpoligami, membuat dirinya akhirnya menceraikan Veronica di tahun 1985. Ricca bertahan sebagai istri Rhoma hingga saat ini sedangkan Veronica sudah meninggal di tahun 2006 lalu.

Wanita berikut yang sempat dikabarkan menikah dengan Rhoma adalah Marwah Ali. Pernikahan ini terbilang sangat minim dengan publikasi. Pedangdut Ridho Irama diketahui sebagai hasil dari pernikahan Rhoma dan Marwah Ali.

Ridho lahir tahun 1989, namun media baru mencium pernikahan Rhoma-Marwah pada 1991. Hingga saat ini, Rhoma selalu mengelak dan enggan bicara soal ibunda Ridho ini.


Pedangdut Ayu Soraya juga sempat dikabarkan dinikahi oleh Rhoma pada tahun 2002 lalu. Bahkan, situs Disctarra.com pernah menurunkan artikel yang menyebutkan bahwa secara tersirat Ayu Soraya mengakui sebagai istri Rhoma. Namun, di mana dan kapan Rhoma dan Ayu menikah tidak jelas, karena keduanya agak tertutup dalam masalah ini.

Sementara kita pernah menulis bahwa Rhoma menikah secara siri dengan Ayu pada tahun 1996. Pada tahun 2010, Noval, anak Ayu Soraya diberitakan mengaku sebagai salah satu anak Rhoma Irama. Noval merasa dibedakan dari anak-anak Rhoma lainnya, seperti Ridho Rhoma yang diakui sebagai anaknya dan dibukakan karir sebagai penyanyi. Namun ketika dikonfirmasi, Ayu Soraya sendiri membantah soal status Noval sebagai anak Rhoma. Rhoma juga membantahnya.


Meski berada jauh dari Jakarta, Rhoma Irama tak sulit mendapatkan wanita. Gadis Solo bernama Gita Andini Saputri kabarnya juga sudah dinikahi oleh Rhoma. Pernikahan berlangsung tahun 1999. Pernikahan mereka sudah dikaruniai anak bernama Adam Ghifari.

Pernikahan keduanya terjadi saat Gita baru berusia 19 tahun dan tercatat sebagai mahasiswi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Yang terakhir, Rhoma dikabarkan telah menikah sirri dengan Angel Lelga. Keduanya sempat terpergok berada dalam satu apartemen. Sampai akhirnya, Rhoma mengakui pernikahannya dan juga langsung menceraikan Angel.(Adt/Bs)