Sukses

Olivia Munn Ungkap Alasan Menyimpan Rapat Diagnosis Kanker Payudara, Kini Akhirnya Diungkap

Olivia Munn juga mendapat bantuan dari penyintas kanker payudara lain saat menghadapi penyakitnya ini.

Liputan6.com, Jakarta Sejak tahun lalu, Olivia Munn rupanya menerima kabar buruk mengenai kondisi kesehatannya. Ia didiagnosis menderita kanker payudara. Namun Olivia Munn menyimpan rapat-rapat kabar ini, hingga pengumuman yang ia buat sendiri di Instagram pada Kamis (14/3/2024).

Ada alasan khusus mengapa bintang X-Men: Apocalypse ini tak mengungkap kanker payudara yang ia derita sejak awal.

“Aku sudah terbiasa dilihat orang lain saat sedang berenergi, saat aku bisa berdandan dan keluar rumah, saat membawa anak-anakku ke taman. Namun aku meyimpan diagnosis dan pakaian rumah sakit ini secara privat. Aku perlu menyimpan napas dan melewati hal-hal terberat sebelum akhirnya membagikannya,” kata Olivia Munn.

Meski begitu, Olivia Munn memiliki keluarga dan sahabat sebagai pendukungnya. John Mulaney, sang suami, juga aktif dalam proses perawatan yang dijalani aktris 43 tahun tersebut.

“Aku sungguh bersyukur atas John, atas malam-malam yang ia habiskan untuk meriset apa di balik setiap operasi dan pengobatan yang dijalani, apa efek samping dan perkiraan pemulihanku,” tuturnya. Sang suami juga selalu menemani sebelum dan setelah operasi, sampai meninggalkan foto anak mereka, agar selalu bisa dipandang Olivia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dibantu Penyintas Kanker yang Lain

Selain keluarga, sang aktris juga dapat bantuan dari penyintas kanker payudara lain.

“Aku berterima kasih kepada teman-teman yang pernah menderita kanker, juga teman-teman yang menghubungkanku dengan rekan yang pernah menderita kanker, atas bimbingannya dalam menghadapi momen yang tak pasti dan membuat kewalahan,” Olivia Munn menyambung.

3 dari 4 halaman

Awal Diagnosis Kanker

Olivia Munn juga berterima kasih kepada tim medis yang membantu perawatannya selama di rumah sakit, termasuk obgyn yang membantunya mendapat diagnosis kanker awal.

Awalnya, dr Thais Aliabadi memutuskan untuk mengalkulasi Skor Pemeriksaan Risiko Kanker Payudara sang artis.

“Dr Aliabadi melihat sejumlah faktor seperti usiaku, sejarah kanker payudara dalam keluarga, dan fakta bahwa aku memiliki anak pertama di atas umur 30 tahun,” Olivia Munn membeberkan.

4 dari 4 halaman

Jalani Mastektomi Ganda

Skor Olivia Munn ternyata berada di angka 37 persen, dan membuatnya dirujuk menjalani MRI. Dari sini, ia menjalani prosedur ultrasound hingga akhirnya biopsi.

“Hasil biopsi menunjukkan bahwa aku memiliki kanker Luminal B di kedua payudara. Luminal B adalah kanker yang agresif dan bergerak cepat,” beri tahu Olivia Munn. Selama 10 bulan terakhir, aktris Deliver Us from Evil ini telah menjalani empat kali operasi termasuk mastektomi ganda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.