Sukses

Bintang X-Men Olivia Munn Umumkan Dirinya Sakit Kanker Payudara, Sudah 4 Kali Operasi Termasuk Mastektomi

Olivia Munn didiagnosis kanker payudara, dua bulan setelah mendapat hasil negatif dalam tes genetis kanker.

Liputan6.com, Jakarta Olivia Munn mengungkap sebuah fakta mengejutkan mengenai kondisi kesehatannya. Pemeran Psylocke dalam X-Men: Apocalypse ini mengungkap bahwa ia didiagnosis mengidap kanker payudara.

Hal ini ia sampaikan dalam unggahan Instagram pada Kamis (14/3/2024). Selain membagikan sejumlah foto saat ia berada di rumah sakit, aktris 43 tahun ini juga mengungkap kisahnya menghadapi kanker dalam teks panjang.

Di awal unggahannya, ia memutar kembali waktu ke bulan Februari 2023 lalu. Kala itu, ia menjalani tes untuk memeriksa kemungkinan kanker secara genetis. Hasilnya ternyata bagus.

“Aku menjalani tes genetis untuk 90 jenis gen kanker yang berbeda. Aku mendapat hasil negatif untuk semuanya, termasuk BRCA (gen kanker payudara yang paling dikenal),” kata Olivia Munn. Ia bahkan berbagi kebahagiaan dengan saudainya, Sara, yang juga mendapat hasil negatif dalam tes serupa.

Dua bulan kemudian, aku didiagnosis dengan kanker payudara,” kata Olivia Munn.

Sosok yang membuat kanker payudara ini ditemukan, adalah dokter Obstetri dan Ginekologi yang ia kunjung, dr Thais Aliabadi. Sang dokter memutuskan untuk mengkalkulasi Skor Pemeriksaan Risiko Kanker Payudara sang artis.

“Dr Aliabadi melihat sejumlah faktor seperti usiaku, sejarah kanker payudara dalam keluarga, dan fakta bahwa aku memiliki anak pertama di atas umur 30 tahun,” kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kanker Luminal B

Skor Olivia Munn ternyata berada di angka 37 persen, dan membuatnya dirujuk untuk menjalani MRI, dilanjutkan dengan prosedur ultrasound hingga akhirnya biopsi.

“Hasil biopsi menunjukkan bahwa aku memiliki kanker Luminal B di kedua payudara. Luminal B adalah kanker yang agresif dan bergerak cepat,” kata dia.

3 dari 4 halaman

4 Kali Operasi dalam 10 Bulan

Sejak menerima diagnosis itu, Olivia Munn sudah menerima perawatan, termasuk tindakan operasi.

“Dalam 10 bulan terakhir, aku sudah menjalani empat operasi, banyak hari-hari di atas tempat tidur yang tak bisa kuhitung, juga belajar banyak hal tentang kanker, perawatan kanker dan hormon, ini semua lebih dari yang pernah kubayangkan,” kata dia.

4 dari 4 halaman

Dari Sehat, Mendadak Terbangun di Ranjang RS

Salah satu tindakan yang dijalaninya, adalah mastektomi ganda, yang dilakukan 30 hari setelah biopsi. “Dari kondisi yang benar-benar sehat, aku terbangun di ranjang rumah sakit setelah menjalani operasi selama 10 jam,” kata aktris Deliver Us from Evil tersebut.

Meski begitu, Olivia Munn kini bersyukur dengan semua hal yang sudah dilaluinya. “Aku beruntung. Kami punya cukup waktu saat mengetahuinya, membuatku bisa memiliki opsi untuk dipilih,” kata dia.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.