Sukses

Jackie Chan Jadi Inspirasi Utama Dragon Ball, Malah Ngefans Dr. Slump Karya Mendiang Akira Toriyama

Disampaikan Jackie Chan dalam pertemuannya dengan Akira Toriyama pada tahun 1986 silam, beberapa film yang digarapnya selalu terinspirasi dari Dr. Slump, salah satu karya mangaka Dragon Ball.

Liputan6.com, Jakarta Duka masih melanda para penggemar manga dan anime Dragon Ball setelah sang kreator, Akira Toriyama, meninggal dunia pada 1 Maret 2024. Di tengah kekalutan fans Dragon Ball, beberapa penggemar mengenang momen-momen unik, termasuk yang melibatkan Jackie Chan.

Jackie Chan yang sempat bertemu Akira Toriyama beberapa dekade lalu, memang masih belum mengungkapkan perasaan dukanya kepada publik. Namun, seorang penggemar mengutip kembali pernyataan Jackie Chan perihal sang kreator Dragon Ball.

Disampaikan Jackie Chan dalam pertemuannya dengan Akira Toriyama yang dikutip Bird Land Press pada tahun 1986 silam, bahwa beberapa film yang digarapnya selalu terinspirasi dari Dr. Slump, salah satu karya mangaka Dragon Ball itu.

"Saya mengambil pengaruh dari Dr. Slump ketika membuat film-film saya!!" begitu kutipan di majalah Bird Land Press tahun 1986 yang diunggah seorang penggemar, mengutip fandomwire.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jackie Chan Pernah Pakai Kostum Arale dari Dr. Slump di Salah Satu Filmnya

Tampaknya, pernyataan tersebut bukan sekadar ucapan belaka. Pasalnya di salah satu film, Jackie Chan memang sempat mengenakan kostum ala karakter utama Dr. Slump, robot perempuan bernama Arale Norimaki.

Kostum tersebut dikenakan oleh Jackie Chan dalam film My Lucky Stars yang dirilis pada tahun 1985 silam. Padahal, Jackie Chan merupakan inspirasi terbesar Akira Toriyama untuk membuat Dragon Ball.

 

3 dari 4 halaman

Pengakuan Akira Toriyama Terinspirasi Jackie Chan

Pengakuan Akira Toriyama terinspirasi Jackie Chan dalam membuat Dragon Ball, sempat dicatat dalam buku Dragon Ball Daizenshuu 2: Story Guide. Setelah menyelesaikan Dr. Slump, Akira Toriyama sempat kehilangan ide untuk judul baru hingga akhirnya ia menonton film Drunken Master.

"Kebetulan saat itu saya menyukai film Jackie Chan dan sudah menonton ‘Drunken Master’ puluhan kali. Karena saya menyukai hal semacam itu, Torishima-san (petinggi penerbit Shueisha) menyarankan saya untuk mencoba membuat manga kung-fu shounen. Jadi, saya menggambar one-shot berjudul ‘Dragon Boy’," jelas Akira Toriyama dalam buku itu.

 

4 dari 4 halaman

Sikap Akira Toriyama Waktu Bertemu Jackie Chan

Dalam majalah Bird Land Press edisi 1986 tersebut, Akira Toriyama juga sempat mengungkapkan sikapnya waktu pertama kali bertemu Jackie Chan. Rupanya, ia sempat gugup kala itu.

“Saya bertemu dengan pria yang sangat saya kagumi, Jackie Chan. Dia mengubah saya menjadi penggemar terbesarnya!!Yah, mungkin hanya nomor dua setelah istri saya. Maksud saya, dia adalah Jackie Chan yang terkenal di dunia!!" ujar Toriyama semangat.

"Itu bahkan membuat saya terdiam—saya tidak tahu harus berbuat apa. Ini pertama kalinya saya seperti itu!! Rupanya, saya sangat senang bertemu dengan orang-orang yang pernah saya lihat di TV dan film,” ceplos Akira Toriyama, mengutip dari fandomwire.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini