Sukses

6 Artis K-Pop yang Dirikan Agensi Sendiri pada Tahun 2023, Ada Jennie Blackpink hingga D.O EXO

Tak sedikit idola K-Pop yang memutuskan membangun agensi di bawah namanya usai menyelesaikan kontrak kerja bersama agensi di tahun 2023 ini, seperti Jennie Blackpink, D.O EXO, Rocky eks ASTRO, dan deretan artis lain yang dirangkum dalam artikel berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Industri musik Korea Selatan atau dikenal dengan K-Pop tak usai memberikan gebrakan baru bagi dinamika musik dunia. Nama artis-artis K-Pop kini berjajar bersama bintang-bintang Amerika dan Eropa di tangga musik internasional.

Tak heran apabila popularitas mereka kini bisa disandingkan dengan bintang top dunia lainnya mengingat kiprah artis K-Pop yang kian hari kian mencuri perhatian.

Popularitas idola K-Pop tersebut tak selamanya berada di bawah naungan agensi yang membesarkan namanya. Beberapa memilih hengkang usai kontrak usai dan berfokus solo karier.

Tak sedikit idola K-Pop yang memutuskan membangun agensi di bawah namanya usai menyelesaikan kontrak kerja bersama agensi di tahun 2023 ini, seperti Jennie Blackpink, D.O EXO, Rocky eks ASTRO, dan deretan artis lain yang dirangkum dalam artikel berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Jennie Blackpink

Superstar yang satu ini baru saja mengumumkan kabar soal agensi yang didirikan usai kepastian kontrak antara YG dan Blackpink resmi diumumkan.

Pelantun "You and Me" ini membangun sebuah agensi bertajuk Odd Atelier yang digagas sang idola untuk menciptakan hal-hal baru. Odd Atelier diketahui sudah dibangun Jennie sejak November dan aktivitasnya bersama Blackpink akan tetap berlanjut di bawah naungan YG Entertainment.

3 dari 7 halaman

2. Donghae dan Eunhyuk Superjunior

Dua anggota Super Junior, Donghae dan Eunhyuk, juga diberitakan membangun agensi mereka sendiri setelah kontrak dengan SM Entertainment berakhir pada akhir Agustus lalu.

Idola generasi ke-2 ini mendirikan perusahaan mereka dengan nama ODE Entertainment yang diumumkan ke publik satu bulan usai kontrak usai dengan agensi pink tersebut.

4 dari 7 halaman

3. D.O EXO

D.O EXO menjadi nama idola K-Pop yang membuat gebrakan dengan membangun agensi di bawah naungannya pada tahun 2023. Keputusannya meninggalkan SM Entertainment diumumkan secara resmi oleh pihak agensi pada Oktober lalu.

Setelah menjajaki karier bersama SM selama 11 tahun, idola bernama asli Doh Kyungsoo ini memutuskan membangun sendiri perusahaan agensinya yang diberi nama SooSoo Entertainment.

5 dari 7 halaman

4. Rocky Eks ASTRO

Keputusan Rocky meninggalkan ASTRO dan Fantagio Entertainment pada Februari lalu memang menjadi kabar yang mengejutkan penggemar. Penari utama di grup ASTRO ini memutuskan hiatus beberapa saat setelah kabar hengkangnya dari Fantagio disiarkan ke publik.

Rocky kembali membuat kabar mengejutkan dengan membuat pengumuman terkait agensi besutannya One Fine Day di akhir November lalu.

6 dari 7 halaman

5. Jaejoong Eks TVXQ!

Kim Jaejoong juga membangun agensinya sendiri bernama iNKODE bersama mantan wakil direktur Cube Entertainment, CEO Noh Hyun Tae.

Mantan personel TVXQ! tersebut mendirikan iNKODE pada April 2023 setelah 14 tahun membersamai JYJ. Belum genap satu tahun didirikan, agensi besutan Jaejoong sudah menaungi sederet artis, seperti Woo Joo, Song Ji Woo, dan Jeong Si Hyun.

7 dari 7 halaman

6. Sunggyu Infinite

Idola yang populer bersama grup Infinite ini mengumumkan agensi buatannya pada 19 Januari 2023 lalu usai seluruh anggota Infinite meninggalkan Woolim Entertainment.

Seluruh anggota boygroup tersebut kini berdiri di bawah naungan Infinite Company yang dibangun oleh Kim Sung Gyu sebagai leader. Bulan Juni lalu, Infinite resmi comeback dengan album bertajuk 13egin sekaligus menandakan 13 tahun debut grup tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini