Sukses

KALEIDOSKOP 2023: 10 Perceraian Artis Terheboh, Inara Rusli-Virgoun dengan Isu Perselingkuhan hingga Venna Melinda-Ferry Irawan karena KDRT

Semula, rumah tangga pasangan artis yang ada dalam daftar ini cenderung adem ayem dan nyaris tak terdengar memiliki konflik serius.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2023 mengukir cerita tak menyenangkan dari rumah tangga para artis. Cerita tersebut berkaitan dengan berakhirnya pernikahan karena perceraian artis.

Semula, rumah tangga pasangan artis yang ada dalam daftar ini cenderung adem ayem dan nyaris tak terdengar memiliki konflik serius.

Namun pandangan masyarakat terhadap rumah tangga artis yang dinilai baik-baik saja sirna dengan adanya gugatan perceraian yang diumumkan oleh pengadilan agama

Liputan6.com merangkum catatan pernikahan sejumlah artis yang bercerai dan sedang menjalani sidang perceraian sepanjang tahun ini melalui kaleidoskop 2023.

Ada pasangan Inara Rusli dan Virgoun serta Venna Melinda dan Ferry Irawan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Ardhito Pramono dan Jeanneta Sanfadelia

Ardhito Pramono dan Jeanneta Sanfadelia bercerai setelah menikah selama 4 tahun. Dalam unggahan terbaru akun Instagram pribadinya pada 6 November 2023, penyanyi sekaligus pencipta lagu tersebut mengumumkan sudah cerai dengan Jeanneta.

Ardhito mengunggah satu video dan dua foto sekaligus. Di slide pertama, berisi video Ardhito sedang bernyanyi diiringi seorang teman. Lagu yang dinyanyikan dengan penuh penghayatan itu berjudul "Candy"

Kemudian, di slide kedua adalah potret kebersamaan Ardhito dan istri. Dan, di slide terakhir hanya potret Jeanneta, perempuan jangkung berprofesi model yang dinikahi Ardhito pada 2019.

Dalam keterangan yang ditulis Ardhito, bintang film Story of Kale seperti mengisyaratkan dirinya akan membuka lembaran hidup baru.

3 dari 11 halaman

2. Shandy Aulia dan David Herbowo

Shandy Aulia kini berstatus janda. Kabar ini disampaikan oleh Wijayono Hadi Sukrisno, kuasa hukum Shandy pada Rabu (12/07/2023).

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan telah mengabulkan gugatan cerai yang diajukan Shandy terhadap sang suami David Herbowo pada April 2023 kemarin.

Diketahui, selama proses sidang cerai David Herbowo tak pernah hadir. Pengadilan juga menyerahkan hak asuh anak semata wayang Shandy dan David, Claire Herbowo pada sang aktris.

Dengan begitu, rumah tangga yang dibina sejak 12 Desember 2011 ini resmi berakhir.

4 dari 11 halaman

3. Raihaanun dan Teddy Soeriaatmadja

Raihaanun menikah dengan Teddy Soeriaatmadja pada 2007, saat usianya 18 tahun. Usai membina rumah tangga selama 16 tahun, pernikahan mereka resmi berakhir pada 15 Juni 2023.

Kabar ini baru tercium media pada 5 Juli 2023. Terungkap juga materi gugatan cerai talak yang diajukan pihak Teddy menyebutkan bahwa Raihaanun pernah selingkuh, mengidap bipolar hingga sering minum miras.

5 dari 11 halaman

4. Melody Prima dan Tommy Bagus Setiadi

Melody Prima terjerat cinta lokasi dengan produser pelaksana rumah produksi tempatnya main sinetron, Tommy Bagus Setiadi.

Keduanya menikah pada 2016. Sejak nikah, Melody jarang main sinetron dan eksis jadi selebgram. Tak terdengar isu miring, tiba-tiba Melody mengaku sudah cerai dari Tommy.

Bintang ABG Jadi Manten menyampaikan hal itu saat muncul di program talk show yang dipandu Feni Rose pada pekan kedua Januari 2023.

6 dari 11 halaman

5. Inara Rusli dan Virgoun

Inara Rusli diketahui menggugat cerai Virgoun pada 22 Mei 2023 lalu. Alasan perceraian tersebut pun diduga karena adanya perselingkuhan yang dilakukan oleh Virgoun.

Bahkan, Inara mengunggah beberapa bukti perselingkuhan tersebut melalui media sosial. Kini, keduanya pun telah resmi bercerai pada 10 November 2023.

Bahkan, Inara juga mendapatkan hak asuh anak hingga beberapa tuntutan lain yang diajukan berhasil dikabulkan oleh Majelis Hakim Pengadilan Agama Jakarta Barat.

7 dari 11 halaman

6. Venna Melinda dan Ferry Irawan

Usai mengalami KDRT yang dilakukan Ferry Irawan, Venna Melinda menggugat cerai sang suami ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Februari 2023.

Terungkap bahwa Ferry Irawan pada awal Februari terlebih dulu mengajukan permohonan cerai talak terhadap Venna. Atas saran Majelis Hakim, Venna mencabut gugatan cerainya.

Majelis Hakim Pengadilan Agama Jakarta Selatan akhirnya mengabulkan permohonan cerai talak Ferry Irawan kepada Venna Melinda. Dengan kata lain, keduanya resmi bercerai.

Sidang putusan telah dilangsungkan pada 3 Agustus 2023. 

8 dari 11 halaman

7. Desta dan Natasha Rizky

Majelis Hakim Pengadilan Agama Jakarta Selatan mengabulkan permohonan talak cerai Deddy Mahendra Desta terhadap Natasha Rizky.

Dengan kata lain, Desta dan artis yang karib disapa Chaca kini telah resmi bercerai. Meski begitu, tak ada tuntutan lain dalam proses perceraian ini kecuali berpisah.

Pasalnya, sejak awal Desta dan Chaca sudah membuat kesepakatan terkait anak dan harta gana-gini. "Kesepakatannya (anak) ada di Chaca. Cuma Desta bebas untuk mengurus bersama-sama," kata Dolly Siregar, kuasa hukum Chaca, di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Senin (19/6/2023).

Dolly menjelaskan, usai dinyatakan berpisah, Desta dan Chaca bakal menempati rumah masing-masing."Mereka kan memang ada dua rumah lah, jadi satu satu," tambah Dolly.

9 dari 11 halaman

8. Ari Wibowo dan Inge Anugrah

Setelah menjalankan proses sidang, nasib rumah tangga Inge Anugrah dan Ari Wibowo akhirnya diputuskan pada Rabu (13/9/2023).

Penetapan itu disampaikan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan melalui e-court.

Berdasar keterangan yang dikeluarkan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, mengabulkan gugatan Ari Wibowo untuk bercerai dari Inge Anugrah.

"Mengabulkan gugatan Penggugat untuk seluruhnya," begitu bunyi rilis dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, terkait perceraian Ari Wibowo dan Inge Anugrah.

10 dari 11 halaman

9. Lulu Tobing dan Bani Maulana

Pada sidang cerai terbaru antara Lulu Tobing dan Bani Maulana di Pengadilan Agama Jakarta Pusat, proses e-court kembali digelar setelah upaya mediasi pada 2 dan 16 November 2023 tidak membuahkan hasil.

Kedua belah pihak, Lulu dan Bani, setuju untuk melanjutkan proses perceraian mereka.

Dalam persidangan sebelumnya, baik Lulu Tobing maupun Bani Maulana hadir secara langsung.

"Meski telah melalui mediasi selama dua minggu, sepertinya tidak ada kesepakatan yang tercapai, sehingga persidangan diteruskan ke tahap jawaban," ungkap Jajat Sudrajat, Humas Pengadilan Jakarta Pusat.

11 dari 11 halaman

10. Irish Bella dan Ammar Zoni

Irish Bella menyatakan sudah membulatkan tekad untuk bercerai dari suaminya, Ammar Zoni, dalam sebuah jumpa pers pada Senin (18/12/2023) lalu. Irish Bella masih belum mau membeberkan penyebab utama dirinya ingin bercerai dari Ammar Zoni.

Sayangnya, di tengah gugatan cerai Irish Bella, Ammar Zoni lagi-lagi tersandung kasus penyalahgunaan narkoba untuk yang ketiga kali. Banyak pihak berspekulasi Ammar Zoni frustasi menghadapi gugatan perceraian serta kondisi ayahnya yang tengah sakit.

Irish Bella menegaskan bahwa dalam proses perceraian itu, ia tidak mempersoalkan harta gana gini atau harta bersama dengan sang suami. Fokus utamanya adalah pada hak asuh anak dan nafkah yang terkait.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.