Sukses

Kaleidoskop 2023: 10 Film Hollywood Terlaris Tahun Ini, Oppenheimer dan Barbie Sikut-sikutan di Tangga Box Office

Inilah 10 film Hollywood terlaris sepanjang 2023. Tangga box office dunia dipimpin Margot Robbie dan Ryan Gosling dari dunia Barbie yang penuh warna.

Liputan6.com, Jakarta Tahun 2024 tinggal hitungan hari. Sebelum melangkah ke tahun baru, kami ajak Anda menoleh ke belakang melihat apa saja film Hollywood terlaris 2023 di tangga box office dunia lewat laporan khusus Kaleidoskop 2023.

Tangga box office 2023 dirajai, eh, diratui oleh Barbie yang memasang Margot Robbie dan Ryan Gosling sebagai pasangan tahun ini. Yang bikin para pencinta sinema berdecak kagum, selain berjaya di tangga box office, Barbie memborong 9 nominasi Golden Globe Awards 2024.

Barbie yang dirilis berbareng dengan Oppenheimer mahakarya sineas Christopher Nolan menciptakan fenomena global Barbenheimer. Dahsyatnya, bersaing dengan Barbie tak lantas membuat Oppenheimer yang dibintangi Cillian Murphy melempem di tangga box office.

Saat artikel ini disusun, Jumat (22/12/2023), Oppenheimer perkasa di tiga besar dengan laba kotor nyaris 1 miliar dolar AS. Melansir dari Box Office Mojo, inilah 10 film Hollywood terlaris 2023. Mana yang sudah Anda tonton? Atau jangan-jangan sudah semua?

Simak yuk Kaleidoskop Showbiz kali ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Barbie (1,44 miliar dolar AS)

Saat Greta Gerwig diumumkan sebagai sutradara Barbie, harapan pencinta film membubung. Maklum, rekam jejak sang sineas di Hollywood mentereng. Dua karyanya yakni Lady Bird dan Little Women melenggang di Oscar serta panen pujian kritikus.

Benar saja. Dirilis sebagai di musim panas, Barbie membukukan laba kotor 1,44 miliar dolar AS atau sekitar Rp22 triliun. Ia sineas wanita pertama di dunia yang mencetak 1 miliar dolar AS! Bermodal 9 nominasi Golden Globes, hampir pasti Barbie akan panen nominasi di Oscar.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 11 halaman

2. The Super Mario Bros. Movie (1,36 miliar dolar AS)

Entah apa dosa The Super Mario Bros. Movie hingga ia hanya beroleh tingkat kesegaran 59 persen di situs Rotten Tomatoes. Padahal, audiens memberinya skor 95 persen saking kisahnya menghibur dan menghangatkan hati. Dunia tak peduli pada ulasan kritikus.

Faktanya, karya keroyokan Aaron Horvath, Michael Jelenic, dan Pierre Leduc ini bertengger di peringkat runner-up film terlaris 2023 dengan laba kotor 1,36 miliar dolar AS atau sekitar Rp21 triliun rupiah. Catat, baik-baik. Hanya ada 2 film tahun ini yang tembus 1 miliar dolar.

 

4 dari 11 halaman

3. Oppenheimer (952 juta dolar AS)

Christopher Nolan sebagai “brand” jaminan mutu membuktikan kesaktiannya lewat biografi paling ambisius, Oppenheimer. Ini biografi Bapak Atom Dunia, Julius Robert Oppenheimer yang menyajikan akting tingkat dewa Cillian Murphy, Robert Downey Jr., hingga Eily Blunt.

Ketiga aktor ini wara-wiri di berbagai festival film dan diramal jadi nomine Oscar 2024. Siapa bilang film kelas festival susah cari cuan? Oppenheimer jadi film perang dunia ke-2 terlaris sepanjang sejarah. Ia meraup laba kotor 952 juta dolar AS atau sekitar Rp14 triliun.

 

5 dari 11 halaman

4. Guardians of the Galaxy Vol. 3 (845 juta dolar AS)

Harus diakui 2023, film-film Walt Disney agak muram karena kerap jadi sasaran tembak kritikus. Guardians of the Galaxy Vol. 3 adalah pengecualian. Diakui sebagai film Marvel terbaik 2023 versi sejumlah media luar negeri, performanya di tangga box office pun camik.

Chris Pratt dan Zoe Saldana meraup gross 845 juta dolar AS atau sekitar Rp13 triliun tipis-tipis. Petualangan para penjaga galaksi jilid ketiga ini disebut sebagai yang paling berkesan. Ending film ini menumbuhkan optimisme dan kebahagiaan. Lebih dari sekadar “theme park.”

 

6 dari 11 halaman

5. Fast X (704 juta dolar AS)

Apa sih yang enggak mungkin dalam dunia Fast and Furious? Kebut-kebutan mobil Dominic Toretto dengan bahan peledak yang menggelinding melintasi kota? Bisa. Meminang Jason Momoa sebagai antagonis pemecah belah sekaligus mematikan? Bisa.

Terlepas dari beragam kritik yang menyertai perilisannya, rasanya pencinta film sejagat sepakat bahwa Fast X salah satu film aksi paling gokil, segokil pendapatannya di tangga box office yakni 704 juta dolar AS atau sekitar Rp10,8 triliun. Wow. Banget.

 

7 dari 11 halaman

6. Spider-Man: Across The Spider-Verse (690 juta dollar AS)

Dunia terperenyak kala Spider-Man: Into The Spider-verse memecundangi Incredibles 2 dan Ralph Breaks The Internet di Oscar 2019. Publik kemudian bertanya-tanya sedahsyat apa sekuelnya? Tahun ini, penantian itu terjawab lewat Spider-Man: Across The Spider-Verse.

Benar saja, sekuel ini banjir pujian dan diganjar 3 nominasi Golden Globe Awards untuk Tata Musik Terbaik, Film Animasi Terbaik, dan Cinematic and Box Office Achievement lantaran menyerap 690 juta dolar AS (setara dengan Rp10,6 triliun). Nantikan jilid ketiganya.

8 dari 11 halaman

7. The Little Mermaid (569 juta dollar AS)

Mari tepikan sejenak kontroversi putri duyung kulit berwarna yang mewujud pada Halle Bailey dan sejumlah kasus hukum yang menyertainya. The Little Mermaid versi live action nyatanya masih punya taji lantaran menduduki peringkat ke-6 dalam daftar box office 2023.

Pendapatannya pun enggak kaleng-kaleng, yakni 569 juta dolar AS atau sekitar Rp8,7 triliun rupiah. Anda pun masih bisa menikmati lagu-lagu indah seperti “For The First Time” dan “Wild Uncharted Waters.” Sayang, kedua lagu ini tak digubris Golden Globe Awards 2024.

 

9 dari 11 halaman

8. Mission: Impossible Dead Reckoning Part 1 (567 juta dollar AS)

Ditahbiskan sebagai film aksi yang tak memberi kesempatan penonton bernapas sejenak, Mission: Impossible – Dead Reckoning part 1 adalah kata pengantar menuju perjalanan hidup dan mati Ethan Hunt. Tokoh ini dihidupkan megabintang Tom Cruise selama 27 tahun.

Kritikus menyorot performa Tom Cruise melakoni sejumlah adegan berisiko plus rapinya lapisan konflik yang bikin jantung penonton berdesir sejak menit awal. Pendapatan kotor 567 juta dolar AS atau sekitar Rp8,7 triliun terasa sepadan dengan kerja keras di tengah pandemi.

 

10 dari 11 halaman

9. Elemental (496 juta dolar AS)

Produk Disney dan Pixar menembus tangga box office jelas bukan hal baru. Elemental yang dirilis pertengahan tahun ini salah satu contoh “kelaziman” tersebut. Dimodali premis unik tentang hubungan api dan air yang tak mungkin bersatu, Elemental mengalir manis.

Karya Peter Sohn ini punya visual menakjubkan dengan ilustrasi musik tak terlalu menyolok tapi membentuk karakter utama yang mengimpresi penonton. Apresiasi kritkus bebanding lurus dengan performa di tangga box office yakni 496 juta dolar AS (sekitar Rp7,6 triliun).

 

11 dari 11 halaman

10. Ant-man and the Wasp: Quantumania (476 juta dolar AS)

Sineas Peyton Reed mengantar Ant-man and the Wasp: Quantumania ke tepi jurang lantaran kualitas hasil akhirnya dirujak kritikus. Konfliknya dinilai menjemukan oleh Caryn James dari BBC. Wendy Ide dari The Guardian menyebut film ini membingungkan juga tidak logis.

Situs Rotten Tomatoes hanya memberi tingkat kesegaran 46 persen. Beruntung, penonton masih berbaik hati memberi skor 86 persen. Walhasil, Ant-man and the Wasp: Quantumania masih sanggup mengeruk pendapatan kotor 476 juta dolar AS atau sekitar Rp7,3 triliun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.