Sukses

Mengenang Yayu Unru dengan Akting Memukau di 7 Web Series dan Serial TV Era 2020-an, Ada yang Garapan Hollywood

Tak hanya film bioskop yang melibatkan akting mendiang Yayu Unru, suami Nita Unru ini juga kerap kali tampil di serial televisi maupun web series termasuk yang digarap Hollywood.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu aktor senior Tanah Air, Yayu Unru, meninggal dunia setelah dua kali berjuang melawan serangan jantung. Yayu Unru meninggal dunia dalam usia 61 tahun di Jakarta, Jumat (8/12/2023). Pemilik nama Andi Wahyudfin Unru, memiliki kontribusi besar bagi industri film Indonesia.

Yayu Unru debut pada tahun 1985 lewat film Demam Tari. Setelah debut, ia memilih untuk vakum lama dari dunia layar lebar. Hingga akhirnya, Yayu Unru kembali menjadi aktor dalam film Mengaku Rasul rilisan StarVision yang rilis pada 2008.

Hingga akhir hayatnya, Yayu Unru tetap menjalani profesinya sebagai aktor. Bahkan, beberapa artis belum lama ini mengaku sempat kerja bareng Yayu Unru. Tak heran bila banyak judul film sejak era 2000-an hingga sekarang yang melibatkan nama sang aktor senior.

Namun, tak hanya film bioskop yang melibatkan akting Yayu Unru. Suami Nita Unru ini juga kerap kali tampil di serial televisi maupun web series. Bahkan, ada yang digarap oleh sineas Hollywood. Apa saja itu? Berikut selengkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Brata (2018-2020)

Brata merupakan serial web rilisan platform HOOQ dan MAXstream yang musim pertamanya mengudara pada 2018. Musim kedua tayang pada 2020. Kisahnya tentang seorang detektif sukses bernama Brata yang dihantui masalah keluarga.

Tak hanya satu musik, Yayu Unru tampil di kedua musim serial ini sebagai karakter bernama Arifin Adhysata, seorang tokoh yang berambisi menjadi wali kota.

 

3 dari 8 halaman

2. Sarung Milik Ayah (2020)

Serial web Sarung Milik Ayah yang dibintangi Hana Malasan dan Jourdy Pranata, melibatkan Yayu Unru sebagai sosok ayah yang bernama Arifin.

Kisah serial Vidio ini menyorot pengabdian seorang pria kepada orang tua, yang diminta untuk melanjutkan usaha tekstil di Jakarta, sementara ia baru memulai usaha e-commerce di Bandung bersama sang kekasih.

 

4 dari 8 halaman

3. Drama Ratu Drama (2022)

Serial web Drama Ratu Drama yang dibintangi Enzy Storia juga sempat diramaikan oleh Yayu Unru sebagai sosok pria tua menyebalkan bernama Yuliardi yang jadi karakter antagonisnya.

Kisah serial Vidio ini menyorot seorang aktris yang kecelakaan di lokasi syuting, membuat sinetron yang dimainkannya terpaksa ditamatkan. Ia pun mencari peran baru agar bisa memperbaiki citranya sebagai aktris.

 

5 dari 8 halaman

4. Ketua BEM and His Secret Wife (2022-2023)

Serial web Ketua BEM and His Secret Wife yang rilis di platform Genflix, dibintangi Victor Agustino, Ochi Rosdiana, dan Ajil Ditto juga melibatkan Yayu Unru.

Kali ini, Yayu Unru memerankan seorang karakter bernama Pak Wisnu. Serial ini menyorot kisah cinta remaja dewasa yang dibumbui momen komedi dan drama.

 

6 dari 8 halaman

5. Marriage with Benefits (2023)

Marriage with Benefits merupakan serial yang tayang di platform Viu dengan Jessica Mila, Abimana Aryasatya, dan Ayushita sebagai bintangnya.

Serial web ini melibatkan Yayu Unru sebagai seorang bapak bernama Guntur. Sosok Guntur adalah ayah dari Gea, karakter yang diperankan Jessica Mila.

 

7 dari 8 halaman

6. Trio Gabut Kursus Iman (2022)

Serial televisi Trio Gabut Kursus Iman yang mengudara di SCTV dan Ajwa TV, menyatukan akting Billy Syahputra, dan Ge Pamungkas, dan Qausar Harta Yudana.

Menariknya, kali ini Yayu Unru terlibat sebagai sosok karakter yang disegani, Kiai Basra, yakni seorang ulama dengan perawakan ramah dan baik hati.

 

8 dari 8 halaman

7. The Last of Us (2023)

Akting tak terlupakan dari Yayu Unru ditunjukkannya dalam serial Hollywood berjudul The Last of Us. Serial adaptasi video game yang mengudara di HBO ini menampilkan Yayu Unru beradu akting dengan Christine Hakim di episode kedua.

Dalam perannya, Yayu Unru tampil sebagai Letnan Jenderal Agus Hidayat yang mewakili pemerinta untuk meminta saran dari seorang profesor mikologi terkait wabah mematikan di Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.