Sukses

5 Fakta Golden Disc Awards yang Bakal Digelar di Indonesia Tahun 2024, Termasuk Jadwal Pengumuman Nominasi

Golden Disc Awards diselenggarakan sejak tahun 1986, dan sempat terjadi perubahan seiring perkembangan industri musik Korea Selatan.

Liputan6.com, Jakarta Pada Januari 2024 mendatang, sebuah perhelatan akbar di jagat K-Pop bakal dihelat di Indonesia: Golden Disc Awards. Perhelatan ke-38 ajang penghargaan musik tahunan ini, akan digelar pada 6 Januari 2024 mendatang di Jakarta International Stadium atau JIS, Jakarta Utara.

Golden Disc Awards 2024 memang bukan konser musik, tapi kemeriahannya digadang-gadang tak akan kalah—bahkan bisa lebih meriah lagi. Pasalnya, banyak idol K-Pop ternama yang manggung di acara ini.

Tahun lalu, beberapa nama beken yang tampil antara lain PSY, Stray Kids, Seventeen, (G)I-DLE, Enhypen, Treasure, Le Sserafim, NewJeans, hingga superstar trot Korea, Lim Young Woong. Tak heran, begitu pengumuman soal perhelatan ini rilis, penggemar K-Pop langsung penasaran soal lineup acara ini, sekaligus ketar-ketir soal war ticket nantinya.

“Pengaruh K-Pop di pasar glonal terus membesar, dan permintaan penggemar Asia untuk bertemu para bintang K-Pop terus meningkat, Melihat kecenderungan ini, penggemar domestik atau mancanegara yang berkomunikasi lewat K-Pop kian beragam,” kata perwakilan penyelenggara acara ini, seperti dilansir dari media Korea Asia Today.

Ditambahkan, “Kami memutuskan untuk menggelar acaranya di Jakarta untuk menghadirkan kesempatan tersebut.”

Sebenarnya apa itu Golden Disc Awards? Yuk Simak fakta-faktanya, yang kami lansir dari Korea JoongAng Daily, Rabu (1/11/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Sejak 1986

Golden Disc Awards diselenggarakan oleh JoongAng Group, dimulai pada tahun 1986. Penghargaan ini adalah bentun pengakuan terhadap musik populer yang mendapatkan perhatian signifikan selama setahun terakhir.

 

2. Evolusi GDA

Golden Disc Awards, yang kerap disingkat sebagai GDA, telah berevolusi dalam pelaksanaannya. Sejak perhelatan ke-21, penghargaan dibagi menjadi dua kategori terpisah: rilisan digital dan album fisik. Ini dilakukan karena terjadi pergeseran pola konsumsi musik, dari album fisik ke lagu digital,

3 dari 4 halaman

3. GDA Kelima di Luar Korea Selatan

GDA ke-38 yang dihelat di Jakarta, menandai penyelenggaraan kelima yang seremoninya dilangsungkan di luar Korea Selatan. Negara pertama yang disambangi adalah Jepang dalam perhelatan ke-26, berlanjut di Malaysia (ke-27), China (ke-28), dan terakhir di Thailand pada tahun lalu atau penyelenggaraan ke-37.

 

4. Pengumuman Nominasi

Nominasi setiap kategori untuk acara mendatang akan diumumkan pada 4 Desember melalui situs resmi dan platform media sosialnya.

4 dari 4 halaman

5. Penentuan Pemenang

Dilansir dari Soompi, pada tahun lalu kriteria penilaian untuk pemenang akhir Bonsang dan Daesang ditentukan dari perhitungan 60 persen berdasarkan penjualan, dan 40 persen berdasarkan penilaian panel ahli. Kriteria evaluasi yang sama berlaku untuk Artis Pendatang Baru Tahun Ini.

Sementara voting hanya akan tersedia untuk Penghargaan Popularitas, yang 100 persen ditentukan oleh suara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini