Sukses

Shenina Cinnamon Menunjukkan Kiprah Bahagia dalam Komedi, jadi Unggulan FFWI 2023

Shenina Cinnamon memiliki kesempatan emas untuk kembali meraih Piala Gunungan dalam FFWI 2023.

Liputan6.com, Jakarta Tahun 2022 menjadi momen bersejarah bagi aktris berbakat, Shenina Cinnamon. Ia meraih Anugerah Piala Gunungan Aktris Utama Terbaik di Genre Drama pada Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) lewat film "Penyalin Cahaya." Tahun ini, Shenina memiliki kesempatan emas untuk kembali meraih Piala Gunungan dalam FFWI 2023, namun kali ini dalam Genre Komedi melalui film "Onde Mande."

Namun, persaingan dalam kategori Aktris Utama Terbaik Genre Komedi di FFWI 2023 sangat sengit. Shenina Cinnamon akan bersaing dengan empat aktris lain yang juga menunjukkan kehebatan mereka: Laura Basuki, yang memukau dalam film "Cek Toko Sebelah 2," Clara Bernadeth dalam "Ganjil Genap," Syifa Hadju dengan "200 Pound Beauty," dan Kenzia Alethia dalam "Star Syndrom."

Dalam film "Onde Mande" yang disutradarai oleh Paul Agusta, Shenina memerankan karakter Si Mar, seorang gadis Minang yang tinggal di kawasan Danau Maninjau. Menjadi bagian dari proyek film yang mengangkat kearifan lokal Ranah Minang ini adalah tantangan tersendiri bagi Shenina. Ia mengakui bahwa berdialog dalam bahasa Minang bukanlah perkara mudah.

“Onde Mande adalah film komedi pertama saya, dan berbeda dengan film drama dalam hal dialog serta pemahaman karakter tokoh," ujar Shenina dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Selasa (24/10/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ciri Khas

Kelebihan dalam hal mudah tertawa juga menjadi ciri khasnya, dan ia mengakui bahwa ada beberapa kali pengambilan gambar ulang karena ia terlalu sering terkekeh.

Namun, tantangan utama Shenina adalah kurangnya penguasaan bahasa Minang. Meskipun memiliki darah Minang, ia belum lancar berbicara dalam bahasa tersebut. "Meskipun ada darah Minang dalam diri saya, memahami bahasa Minang dan berbicara dalam bahasa tersebut adalah dua hal yang berbeda," ucapnya.

 

3 dari 4 halaman

Bantuan

Untuk mengatasi kendala ini, Shenina mendapatkan bantuan seorang soundman asli Minang. Ia membantu merekam dialog dan membimbing Shenina dalam berbicara dengan aksen Minang yang benar. Shenina berkesempatan beradu akting dengan beberapa aktor senior, termasuk Jajang C. Noer dan Jose Rizal Manua.

 

4 dari 4 halaman

Bersyukur

Meski menghadapi berbagai kendala, Shenina merasa sangat bahagia dan bersyukur atas pengakuan yang diberikan kepada dirinya dengan masuk sebagai Unggulan dalam kategori Aktris Utama Terbaik Genre Komedi pada FFWI 2023.

Ia berbagi perasaan, "Apa pun hasilnya nanti di malam puncak FFWI, saya sangat bersyukur. Hanya dengan menjadi Unggulan atau mendapatkan nominasi di Genre Komedi, saya sudah merasa bangga. Ini adalah film komedi pertama saya, dan langsung mendapat apresiasi dari FFWI,” ujarnya dengan tulus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini