Sukses

Deretan Film Sukses Byun Hee Bong, Aktor Korea Veteran yang Meninggal Dunia Setelah Berjuang Lawan Kanker

Byun Hee Bong meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker pankreas yang berulang kali muncul.

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari aktor veteran Korea Selatan Byun Hee Bong. Dilansir dari Soompi, Selasa (19/9/2023) ia meninggal dunia dalam 81 tahun.

Hal ini dikonfirmasi oleh perwakilan sang aktor pada Senin, 18 September kemarin. “Byun Hee Bong meninggal dunia pada hari ini,” begitu pernyataan sang aktor.

Keluarga mendiang juga menjelaskan bahwa Byun Hee Bong meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker pankreas yang berulang kali timbul. Sebelumnya penyakit ini sempat dinyatakan sudah sembuh.

Lahir tahun 1942, Byun Hee Bong mulai masuk ke dunia seni akting sebagai aktor teater. Pada 1965 ia kemudian debut sebagai voice actor.

Atas sumbangsihnyadi bidang seni akting, pada 2020 lalu Kementerian Budaya, Olahraga, dan Pariwisata memberikan penghargaan kepada sang aktor Korea. Ia dianugerahi dengan Eungwan Order of Cultural Merit bersama dengan aktris Go Doo Shim dan penyanyi Yoon Hang Gi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Deretan Drakor Byun Hee Bong

Sepanjang kariernya, Byun Hee Bong telah membintangi banyak drama Korea dan film jempolan.

Di layar kaca, ia sempat tampil dalam drakor My Girlfriend is Gumiho. Ia berperan sebagai Cha Poong, kakek dari karakyer yang dimainkan Lee Seung Gi, Cha Tae Woong. Ia juga tampil dalam drakor Pinocchio, sebagai pria yang menyelematkan Ha Myeong yang diperanan Lee Jong Suk.

Ia juga tampil dalam My Too Perfect Sons, Blow Breeze, My Lawyer, Mr. Jo 2: Crime and Punishment dan banyak judul lain. Dilansir dari Asian Wiki, drakor terakhir yang dibintanginya adalah Trap yang tayang pada 2019.

3 dari 4 halaman

Aktor Film-Film Bong Joon Ho

Byun Hee Bong juga tampil dalam sejumlah film sukses dari Negeri Ginseng. Yang patut dicatat, ia adalah aktor yang berkali-kali muncul dalam film garapan sutradara peraih Oscar lewat film Parasite, Bong Joon Ho.

Mulai dari Memories of Murder, The Host, dan terakhir adalah Okja. Film-film ini mendapat apresiasi dari kritikus film.

4 dari 4 halaman

Penghargaan yang Diterima Mendiang Byun Hee Bong

Dilansir dari Variety, lewat The Host mendiang Byun Hee Bong meraihbanyak nominasi aktor pendukung terbaik di ajang penghargaan sinema Korea maupun di Asia.

D di antaranya membuatnya meraih kemenangan, yakni Festival Film Asia Pasifik dan Blue Dragon Awards Korea. Ia juga pernah dinobatkan sebagai aktor paling populer dalam kategori TV di Baeksang Arts Awards ke-21 untuk perannya dalam “The Joseon Dynasty 500 Years.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.