Sukses

Vicky Prasetyo Ngaku Tak Sangka Putri Ariani Nyanyikan Lagu Rungkad Karyanya di Istana Negara, Netizen Mengira Belum Ada Izin

Lantaran reaksi Vicky Prasetyo saat menonton lagu Rungkad karyanya dinyanyikan Putri Ariani di Istana Negara, ada seorang netizen yang menyangka belum ada izin dari sang pencipta lagu.

Liputan6.com, Jakarta Musisi sekaligus komposer lagu Vicky Tri Prasetyo atau Vicky Prasetyo baru-baru ini terlihat girang saat mengetahui lagu "Rungkad" ciptaannya dinyanyikan oleh Putri Ariani di Istana Negara pada perayaan HUT ke-78 Republik Indonesia pada Kamis (17/8/2023) kemarin.

Ungkapan girang ditunjukkan oleh Vicky Prasetyo melalui video akun Instagram miliknya. Saat itu, tampak Vicky Prasetyo dan timnya sedang berkumpul di markasnya. Pada awalnya, seorang rekan menonton aksi Putri Ariani setelah membawakan lagu Melati Suci ciptaan Guruh Soekarno Putra.

Setelah itu rekan tersebut terlihat seolah kaget saat mendengar intro lagu "Rungkad" yang dilantunkan Putri Ariani lalu berteriak sambil berlari ke arah Vicky Prasetyo. Terlihat dalam video itu sang komposer seperti bengong sejenak karena terkejut lalu berlari ke ruangan yang memutar tayangan tersebut.

"Serius, serius?" ucap Vicky Prasetyo langsung menonton aksi Putri Ariani membawakan lagu "Rungkad" di Istana Negara disusul dengan ungkapan bersyukur sembari meluapkan rasa girang. Begitu juga dengan rekan-rekan Vicky di tempat kerjanya.

Menariknya, lantaran reaksi Vicky Prasetyo dalam video itu, ada seorang netizen yang menyangkan pihak Putri Ariani maupun Istana Negara belum izin kepada pencipta lagu. Namun, dugaan itu diluruskan oleh Vicky Prasetyo, menyiratkan reaksinya dalam konten tersebut hanyalah dibuat-buat agar lebih dramatis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ucapan Terima Kasih Vicky Prasetyo kepada Semua Pihak yang Mendukungnya

Dalam video tersebut, Vicky Prasetyo juga sempat menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah mendukung karyanya, termasuk Presiden Jokowi yang tampak gembira saat lagu "Rungkad" bergema di Istana Negara.

"Terima kasih Pak Jokowi dan masyarakat Indonesia yang sudah support lagu Rungkad. Ini enggak nyangka banget, Alhamdulillah enggak nyangka banget ternyata 'Rungkad' bisa dibawakan di Istana Negara," ucap Vicky Prasetyo mengutip akun Instagram @vicky_prasetyo777.

"Alhamdulillah senang banget, enggak nyangka...," lanjut Vicky Prasetyo di sela-sela menonton sekaligus memuji penampilan Putri Ariani.

3 dari 5 halaman

Vicky Prasetyo Tak Lupa Berterima Kasih kepada Keluarganya

Dalam keterangan unggahan tersebut, Vicky Prasetyo juga tak lupa berterima kasih kepada pihak keluarga yang telah mendukung karyanya. Ia juga menegaskan reaksinya yang tak menyangka lagunya bisa didendangkan di Istana Negara oleh penyanyi yang tengah bersinar di America's Got Talent 2023.

"ALHAMDULILAH NGGAK NYANGKA BANGET !!! Matur nuwun bapak presiden INDONESIA bpk @jokowi terimakasih kepada semua masyarakat INDONESIA kepada @arianinismaputri yang sudah membawakan dengan versi yang luar biasa,Kepada Keluarga saya dan semuanya yang sudah suppord karya saya 🫶🏻🥹," tulis Vicky Prasetyo.

"Karya sederhana yang saya nyanyikan dan saya ciptakan bertepan di bulan agustus tahun lalu dan ini adalah hadiah aniversary 1 tahun lagu rungkad MATUR NUWUN .. DIRGAHAYU INDONESIAKU SELAMAT HARI KEMERDEKAAN YANG KE 78 SEMOGA BANGSA KITA SEMAKIN MAJU DAN SEMAKIN BERJAYA.. SEMANGAT UNTUK PARA SENIMAN MUSIK TERUTAMA MUSIK DANGDUT DAN LAGU JAWA MATUR NUWUN…MERDEKA MERDEKA MERDEKA !!" sambungnya penuh semangat.

 

4 dari 5 halaman

Netizen Sangka Belum Izin ke Vicky Prasetyo

Di tengah banyaknya pujian yang bertebaran dari para netizen, ada satu komentar menarik yang seolah menduga pihak Istana Negara maupun Putri Ariani masih belum meminta izin kepada Vicky Prasetyo atas dibawakannya lagu Rungkad.

"Lha gak izin sampean ta sebelume mas?" tanya pemilik akun Instagram @ilh***.

Vicky Prasetyo pun meluruskannya dengan menjawab singkat, "Ijin mas."

"Ya yg jelas ijin mas, tapi mungkin ada beberapa opsi pilihan lagu.. dan yg terpilih malah Rungkad nya mas Viki. Josss," tulis netizen lain yang berusaha menambahkan sembari memuji Vicky Prasetyo.

 

5 dari 5 halaman

Lagu Rungkad yang Hebohkan Istana Negara pada 17 Agustus 2023

Rungkad jadi viral di media sosial setelah penampilan Putri Ariani di Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023). Dalam konteks ini, Rungkad merupakan lagu Jawa koplo yang berhasil membuat para tamu undangan turun berjoget.

Putri Ariani berhasil membawakan lagu tersebut sambil memainkan piano di depan Presiden Jokowi dan para tamu undangan. Saat lanjutan lagu semakin seru, mereka berhamburan, turun berjoget di lapangan.

MC acara sampai harus meminta para tamu duduk kembali ke tempat semula karena Rungkad benar-benar menggoyang Istana. Mengutip Kapanlagi, Kamis, kata "rungkad" sebenarnya berasal dari bahasa Sunda, dan kini sudah semakin sering digunakan di media sosial.

Arti kata rungkad disebut mengalami perkembangan yang cukup luas dalam penggunaannya. Tidak hanya bermakna hancur atau ambruk untuk mendeskripsikan kondisi benda, rungkad pun dipakai dalam bahasa gaul sebagai perumpamaan.

Di lagu, kata rungkad digunakan untuk menggambarkan liriknya yang penuh kekecewaan, sakit hati, dan penyesalan. Jadi, apa sih sebenarnya arti rungkad?

Kata "rungkad" dalam bahasa Sunda berarti runtuh, roboh, tumbang, ambruk, hancur, dan tercerabut sampai akarnya. Secara harfiah, penggunaan kata ini cocok menggambarkan kondisi pohon, bangunan, atau benda lain yang ambruk.

Jika mengulik siapa pemilik asli lagu Rungkad, di YouTube akan muncul video milik Vicky Tri Prasetyo. Namun, lagu ini viral setelah dinyanyikan penyanyi dangdut Happy Asmara saat berkolaborasi dengan The Saxobrothers.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini