Sukses

Yovie Widianto Terpilih Sebagai Ketua Umum FESMI Menggantikan Candra Darusman

Yovie Widianto siap meneruskan program-program kerja FESMI sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta Federasi Serikat Musisi Indonesia (FESMI) telah mengumumkan Yovie Widianto sebagai Ketua Umum organisasi untuk periode 2023-2026, menggantikan Candra Darusman. Yovie Widianto terpilih oleh delapan pimpinan serikat musisi daerah yang merupakan pemilik hak suara. Proses pemilihan ini berlangsung melalui kongres kedua FESMI di Mula Coworking Space, Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, pada hari Kamis, 10 Agustus 2023.

FESMI berperan sebagai wadah untuk serikat profesi musisi di berbagai daerah di Indonesia, dengan tujuan utama untuk melindungi dan memberdayakan profesi musisi di Tanah Air. Organisasi ini terdiri dari Serikat Musisi Indonesia (SMI) di Sumatera Utara, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY, dan Kalimantan Timur.

Kongres kedua ini diadakan sebagai bentuk tanggung jawab organisasi terhadap peraturan perundangan, serta sebagai momen konsolidasi, komunikasi antara kepengurusan pusat dan daerah, dan regenerasi kepemimpinan.

"Dengan kepercayaan yang diberikan kepada saya, saya berharap semua pihak dalam FESMI dan SMI dapat bersinergi untuk memperjuangkan perbaikan dalam profesi musisi, terutama dalam hal ekonomi dan peluang. Saya memohon doa dan dukungan agar saya dapat menjalankan amanah ini dengan baik dan membawa berkah bagi semua yang terlibat," ujar Yovie Widianto saat jumpa pers di Cilandak Town Square, Jakarta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dana Organisasi

Dalam hal dana yang dibutuhkan untuk menjalankan organisasi, Yovie mengungkapkan ketidakkhawatirannya. "Tentu, dana memegang peran penting dalam kelangsungan organisasi. Namun, Insya Allah, kami akan mengeksplorasi berbagai kemungkinan kerjasama baik dengan pemerintah maupun swasta," kata Yovie.

Candra Darusman, mantan Ketua Umum FESMI, menyambut baik pemilihan Yovie Widianto sebagai penggantinya. "Yovie adalah sosok yang tepat untuk memimpin FESMI, dia memiliki pendekatan yang lebih sesuai dengan generasi milenial. Ini merupakan regenerasi yang penting," ungkap Candra Darusman.

 

3 dari 4 halaman

Terima Kasih

Candra juga mengungkapkan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah membantu FESMI selama tiga tahun di bawah kepemimpinannya. "Saya berterima kasih atas kesempatan ini dan hormat atas tugas memimpin FESMI selama tiga tahun bersama rekan-rekan pengurus yang peduli pada peningkatan profesi musisi. Namun, tiba saatnya untuk regenerasi. Kami memiliki harapan besar terhadap Yovie Widianto yang selain memiliki keahlian juga memiliki jiwa kepemimpinan yang baik. Selamat kepada Ketua Umum baru, semoga FESMI semakin berjaya," ujar Candra Darusman.

Bambang Suprayogi dari Serikat Musisi Indonesia Jawa Tengah juga menyampaikan harapannya atas terpilihnya Yovie Widianto. "Saya berharap kepengurusan baru ini dapat menjalin komunikasi yang lebih baik dengan daerah, sehingga tantangan yang dihadapi di daerah bisa teridentifikasi dengan baik, dan dari situ muncul solusi-solusi alternatif," ujar Bambang Suprayogi.

 

4 dari 4 halaman

Dukungan

Kongres kedua ini mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk BPJS Ketenagakerjaan, KCI, LMK PAPPRI, Musicblast.Id, ARDI, SMI, AMI, LMKN, YWMF, dan KEINA Creative. Selain internal organisasi, kongres ini dihadiri oleh beberapa tokoh, seperti Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja, Ibu Indah Anggoro Putri, M.Bus., Kepala Bekraf 2015-2019 Triawan Munaf, perwakilan pengurus Lembaga Manajemen Kolektif, pimpinan PHRI Bpk. Hariyadi Sukamdani, sekjen PAPPRI Dwiki Dharmawan, dan sekjen AMPLI Endah Widiastuti.

Dengan hasil kongres ini, Yovie Widianto akan memiliki waktu untuk membentuk tim kepengurusan dan melanjutkan kinerja organisasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini