Sukses

Resensi Film Rose: Perjalanan Psiskis Pasien Penyakit Skizofrenia, Tamparan Buat yang Ngaku Waras

Rose menampilkan Inger yang mengidap Skizofrenia. Sineas Niels Arden Oplev membawa audiens menyelami pikiran sang penyintas seraya berempati padanya.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak kisah tentang penyakit jiwa Skizofrenia yang diangkat ke layar lebar tapi Rose memberi perspektif unik. Ia mengajak penonton menyelami pikiran pasien, tokoh-tokoh fiktif yang berkelebatan di benaknya, hingga yang paling penting berempati kepadanya.

Film Rose adalah karya sineas Niels Arden Oplev yang naskahnya digarap sendiri. Berdiri dengan fondasi drama keluarga yang intens, ditaburi serpihan komedi yang mewujud dalam dialog-dialog sederhana para tokoh, dan tak lupa sejumput elemen hati nurani di dalamnya.

Rose tak hanya mengandalkan kekuatan naskah yang intim sejak awal. Di baris depan, ada Sofie Grabol, Lene Maria Christensen, dan Anders W. Berthelsen yang menggerakkan cerita dengan chemistry yang lengket hingga ke menit-menit akhir tanpa kehilangan tensi.

Berikut resensi film Rose. Jangan mencari film ini di biskop (karena memang tidak tayang regular dalam format layar lebar di Indonesia), apalagi di situs bajakan. Rose dapat Anda akses secara legal mulai bulan ini di platform streaming KlikFilm.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Inger dan Paris

Suatu hari, Inger (Sofie Grabol) yang mengidap Skizofrenia dijemput kakaknya, Ellen (Lene Maria Christensen) dan suaminya, Vagn (Anders W. Berthelsen) untuk jalan-jalan ke Paris. Sejumlah obat telah disiapkan sebagai bekal selama perjalanan dengan bus.

Ibunda Inger dan Ellen, Gudrun (Karen Lise Mynster) waswas karena ini kali pertama Inger ke Paris setelah bertahun-tahun. Paris menyakitkan bagi Inger. Di sana, ia pernah jatuh cinta pada Jacques (Jean Pierre Lorit) yang ternyata sudah punya istri. Hubungan mereka kandas.

Putus cinta membuat jiwa Inger terguncang hebat. Di dalam bus, Inger memperkenalkan diri sebagai pengidap Skizofrenia. Ini membuat turis lain syok. Namun, kejujuran Inger menyita perhatian Christian (Luca Riechardt Ben Coker).

Bocah laki-laki ini pelesir ke Paris bersama orangtua, Andreas (Soren Malling) dan Margit (Christiane Gjellerup Koch). Andreas memperingatkan putranya untuk tidak terlalu dekat dengan Inger. Makin dilarang, inteaksi Christian dan Inger malah menguat.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 7 halaman

Mudah Dicintai Penonton

Yang membuat Rose mudah dicintai penonton, Inger tak ditempatkan sebagai pesakitan tanpa daya. Ia tampak manusiawi bahkan saat penyakitnya kambuh, kita bisa memahami dan tetap sayang. Kadang, perilakunya menyebalkan.

Namun, ada dua figur pendukung yang efektif mewakili perasaan mayoritas audiens: Vagn dan Ellen. Kadang mereka bisa sabar dan paham betul. Kadang, kesabaran mereka berada di ambang hingga 10 menit menghadapi Inger serasa bagai siksa berkepanjangan.

 

4 dari 7 halaman

Bagaimana Skizofrenia Berdampak

Niels Arden Oplev bisa menerjemahkan dengan detail bagaimana Skizofrenia berdampak tak hanya ke psikis tapi juga fisik pasien yang bertransformasi menjadi ringkih dan tampak sekian tahun lebih tua daripada mereka yang sehat.

Jujur saja, dalam film ini Inger sebagai poros tampak lebih tua dari Ellen dan sepantaran dengan ibu kandungnya. Di sinilah, penggambaran karakter berpenyakit Skizofrenia terasa riil dan meyakinkan.

 

5 dari 7 halaman

Performa Sofie Grabol

Performa Sofie Grabol dari gaya bicara, cara menatap lawan bicara, merengek hingga marah, postur tubuh kala berdiri maupun berjalan, semuanya terasa believable. Ditambah dengan gaya berbusananya, tanpa bicara pun penonton paham ada yang tak beres dengan psikis Inger.

Ellen dan Vagn adalah support system yang imperfect. Justru di sinilah titik kesempurnaan drama keluarga berbasis isu kesehatan mental ini. Terlalu film jika Ellen digambarkan 100 persen sabar dan tak pernah marah. Jika diperlukan, ia tak segan menampar.

Niels Arden Oplev sadar betul, tanpa didramatisasi, materi Rose sudah drama banget. Maka, serpihan bumbu komedi berkali ditabur agar Rose tak terlalu pekat sembari tetap fokus pada perjalanan batin pasien dengan penyakit jiwa.

 

6 dari 7 halaman

Kekuatan Lain Film Ini

Kekuatan lain film ini, sejatinya ada pada pemilihan pemain. Semua yang muncul di layar berakting prima. Yang bikin kami penasaran adalah sekeren apa sih Jacques hingga Inger sampai “kehilangan nalar” kala putus cinta.

Ada satu momen yang membingkai datangnya Jacques dalam kondisi paruh baya. Di usia tak lagi muda, Jean Pierre Lorit tetap karismatik. Dengan penampilannya, berbalut adegan simpel dilatari ruangan apartemen, kami bisa membayangkan seganteng apa Jacques di masa muda.

Ujungnya, kami maklum jika berada di posisi Inger. Belum lagi, di sejumlah adegan, dijelaskan seberapa dalam Inger melangkah bersama Jacques termasuk aktivitas seksual mereka yang lumayan liar.

 

7 dari 7 halaman

Mukjizat dalam Skala

Rose bukan hanya perjalanan psikis Inger. Ia adalah perjalanan psikis penonton untuk memahami kondisi orang lain. Bahwa dalam perjuangannya melawan penyakit dan berdamai dengan keadaan, Inger masih bisa bermanfaat serta membahagiakan orang lain.

Rose adalah tamparan bagi nurani penonton yang mengaku waras. Sudahkah kita menjadi manfaat bagi sesama meski hanya dengan kebaikan senoktah? Jangan harap Rose menyajikan mukjizat dahysat soal kesembuhan.

Film ini berbicara mukjizat dalam skala “mikro” tentang kasih sayang adik, berdamai dengan masa lalu, menjadi mnafaat meski dilabeli “gila”, dan setumpuk keajaiban hati lain. Adegan akhir Rose simpel tapi dalam banget. Wajib tonton.

 

 

Pemain: Sofie Grabol, Lene Maria Christensen, Anders W. Berthelsen, Soren Malling, Luca Riechardt Ben Coker, Karen Lise Mynster, Jean Pierre Lorit, Christiane Gjellerup Koch

Produser: Thomas Heinesen

Sutradara: Niels Arden Oplev

Penulis: Niels Arden Oplev

Produksi: Bankside Films, Nordisk Film Production

Durasi: 1 jam, 46 menit

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.