Sukses

Ayu Michelle Menangkan Miss Chocolate International 2023, Ivan Gunawan Buktikan Bakat Miss Mega Bintang Indonesia 2023

Ivan Gunawan kembali membuktikan dirinya mampu menjadi Queen Maker setelah Top 10 Miss Mega Bintang Indonesia 2023, Ayu Michelle, memenangkan Reina Internacional Del Chocolate atau Miss Chocolate International 2023.

Liputan6.com, Jakarta Ivan Gunawan kembali membuktikan dirinya sebagai Queen Maker dalam kompetisi kecantikan tingkat internasional. Setelah membawa Andina Julie sebagai Runner Up dalam Miss Grand International 2022, tahun ini Ivan Gunawan kembali membuat gebrakan.

Ia mengirimkan Ayu Michelle, yang merupakan salah satu Top 10 Miss Mega Bintang Indonesia 2023 menyabet gelar Reina Internacional del Chocolate atau Miss Chocolate International 2023 dalam ajang kontes kecantikan Reina del Cacao di Panama pada 7 Juli 2023.

Kontes kecantikan Reina del Cacao merupakan kontes kecantikan bagi negara-negara penghasil kakao di seluruh dunia. Kontes ini memiliki tagline the sweetest competition of the world, dimana pesertanya mendapatkan pengetahuan lebih banyak mengenai cocoa dan cokelat.

Reina del Cacao sendiri pertama kali digelar di panama pada tahun 2019. Tahun ini, Indonesia baru mengikuti kontes ini dan langsung menyabet gelar juara Reina Internacional del Chocolate atau Miss Chocolate International 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Membuat Harum Nama Indonesia

Adalah Ivan Gunawan dan Tim Yayayan Dunia Mega Bintang yang membuat harum nama Indonesia dalam ajang kecantikan bergengsi tingkat dunia tersebut. Lewat tangan dinginnya, ia telah melahirkan beberapa Beauty Queen bergelar Miss Mega Bintang Indonesia yang siap dikirim ke berbagai kompetisi kecantikan tingkat internasional.

Sebagai National Director dari Yayasan Dunia Mega Bintang yang telah melahirkan Miss Mega Bintang Indonesia, Ivan mengaku bangga dengan pencapaian yang telah diraih Ayu Michelle dalam ajang Reina del Cacao 2023.

“Saya sangat bangga, karena ini pertama kali Indonesia ikut kompetisi ini dan langsung jadi juara. Saya sempat kaget, karena meski target kompetisi adalah menang, tapi kompetisi di Negara Latin itu vibe nya beda. Karena mereka rata-rata sudah sadar kompetisi dan ikut beberapa kali kompetisi kecantikan.”

Selain bangga dengan pencapaian yang diraih Ayu Michelle, Ivan juga mengaku bangga dengan pencapaian dari Tim Yayasan Dunia Mega Bintang yang telah berhasil melahirkan Miss Mega Bintang Indonesia dan membawa nama harum Indonesia ke tingkat dunia.

“Saya mengerti bahwa memenangkan gelar kecantikan tingkat internasional tidaklah mudah, terlebih beberapa ajang yang masih asing dan baru buat kita. Namun hal ini bukanlah hal yang mustahil. Buktinya dengan perisiapan yang singkat dan karena kegigihan Ayu Michelle serta kerjasasama seluruh tim Yayasan Dunia Mega Bintang tanpa kenal lelah, akhirnya kami berhasil membawa gelar kebanggaan untuk Indonesia,” ujar Ivan.

 

3 dari 8 halaman

Persiapan yang Singkat

Ivan Gunawan mengungkapkan bahwa kompetisi Reina del Cacao sama pentingnya dengan ajang kecantikan bergengsi lainnya, karena di sini para peserta juga harus memperkenalkan negaranya di tingkat internasional.

“Yang membedakan adalah peserta harus memahami mengenai sejarah cacao di negaranya dan dapat merepresentasikannya ke tingkat dunia,” ujar Ivan Gunawan.

Untuk itulah, meski dengan waktu dua minggu, Ivan Gunawan dan tim Yayasan Dunia Mega Bintang melakukan sejumlah persiapan. Di antaranya dengan melakukan berbagai macam pelatihan untuk menambah skill dan value, seperti lain catwalk and QnA pageantry training bersama Manohara Beauty Camp, public speaking training dengan Iqbal Suwitamihardja, hair do and makeup training bersama tim Redberry.

"Sebagai yayasan yang berpengalaman di sejumlah Kontes Kecantikan Dunia, kita sudah melakukan sejumlah training yang melibatkan sejumlah ahli di bidangnya, sepert public speaking, make up and hair do, catwalk dan QnA training dan masih banyak lagi. Dan juga mendapatkan treatment Hollywood smile by Drg Devya dan skin treatment dari Dr. Wenny," ujar Ivan.

"Dan yang paling sepesial, Ayu Michelle juga berkunjung dan mendapatkan product knowledge tentang kondisi cacao dan cokelat Indonesia dari PT Tama cokleat Indonesia yang diiniiasi oleh Bams Corporate,”’ sambungnya.

 

4 dari 8 halaman

Ayu Michelle Terus Digembleng oleh Tim Yayasan

Selain persiapan yang singkat di Indonesia, Ayu Michelle juga terus digembleng oleh Tim Yayasan Dunia Mega Bintang selama berada di Panama. Ivan menjelaskan bahwa keberangkatan Ayu Michelle ke Panama ditemani oleh Creative Head Yayasan Dunia Mega Bintang, Dardo Siregar.

“Dardo Siregar ini memiliki andil yang luar biasa dalam setiap kontes kecantikan yang kami ikuti. Dengan persiapan singkat selama di Indonesia, Dardo juga terus membantu persiapan mental dan skill Ayu Michelle selama di Panama,” ujar Ivan.

Dardo menjelaskan sejumlah periapan yang dilakukan Ayu Michelle sebelum malam final digerlar, “persiapan tidak hanya dilakukan di Indonesia. Ketika di Panama, Ayu Michelle juga melakukan sejumlah persiapan seperti persiapan rehearsal sebelum pagelaran dan juga pembekalan pengetahuan mengenai cacao dan cokelat dari organisasi”, ungkap Dardo.

 

5 dari 8 halaman

Busana yang Digunakan Ayu Michelle

Dalam ajang Reina del Cacao Ayu Michelle menggunakan busana dari berbagai designer Indonesia. Untuk sesi Brown Pantone Dress photoshoot.

Gadis berusia 20 tahun tersebut menggunakan gaun nuansa coklat yang dirancang oleh Ivan Gunawan. Sementara untuk daily wear, Ayu menggunakan rancangan Wiki Wu dan Ivan Gunawan

Kemudian untuk sesi fashion show Salon du Chocolate di malam final, Ayu menggunakan baju rancangan Lisa Ju dengan tema "The Sweetest Cacao in Indonesia”.

Dan di segmen 3, Ayu menggunakan evening gown dari designer Zio Zoi dengan tema Choco Dress. Kedua designer ini berasal dari Jawa Barat.

 

6 dari 8 halaman

Ayu Michelle Bangga Atas Pencapaiannya

Sementara itu, Ayu Michelle merasa bangga bisa memenangkan ajang kompetisi dan menjadi Reina Internacional del Chocolate atau Miss Chocolate International 2023. Gadis kelahiran 3 Desember 2002 tersebut mengaku lega karena segala kerja keras dan perjuangan dalam dua minggu terbayarkan dengan hasil terbaik.

Ia menceritakan pengalaman pertamanya mengikuti ajang kecantikan bergengsi tingkat internasional tersebut, “Yang pasti sangat menyenangkan, meski saya sempat mengalami jetlag dan sempat demam tinggi. Tapi semua itu membuat saya berusaha untuk menunjukkan yang terbaik dan tidak boleh menyerah."

"Disini saya juga mendapatkan banyak pelajaran seperti disiplin, kerja keras dan percaya kepada Yayasan akan memberikan fasilitas dan ilmu terbaik untuk kita bisa bersaing di ajang international,” ujar Ayu.

Ayu juga mengungkapan terima kasihnya terhadap semua pendukungnya, “Terimakasih saya untuk orang tua dan keluarga yang telah mendukung saya selama mengikuti ajang kompetsi Miss Mega Bintanng Indonesia 2023 hingga sekarang saya ikut Reina del Cacao 2023."

"Saya juga berterima kasih atas kepercayaan Kak Ivan Gunawan dan Tim Yayasan Dunia Mega Bintang yang sudah mendukung dan percaya terhadap saya hingga akhirnya saya bisa menjadi juara. Selain itu juga kepada Creative Head Yayasan Dunia Mega Bintang, Mas Dardo Siregar, yang sudah menemani dan juga menggembleng saya selama di Panama," sambungnya.

 

7 dari 8 halaman

Kehadiran Duta Besar Republik Indonesia untuk Panama

Dalam acara yang beralangsung secara meriah pada Jumat malam waktu Panama, hadir pula Duta Besar Republik Indonesia untuk Panama, H.E. Sukmo Harsono (Ambassador of the Republic of Indonesia in Panama) beserta Ibu Linda Sri Widiada (spouse of Ambassador).

Ayu Michele rencananya akan kembali ke Indonesia pada tanggal 8 Juli 2023. Sesampainya di Indoensia, Ayu akan melanjutkan awareness terhadap cacao dan cokelat di Indonesia. Ia akan melanjutkan reigning as Reina Internacional del Chocolate 2023 dan mengenalkan kompetisi ini kepada masyarakat.

Bahwa kontes ini tidak hanya didasarkan oleh kecantikan, namun juga terdapat aspek historikal dan bisnis yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan produksi cacao dan cokelat di Indonesia. Selain itu, dalam waktu dekat Bams Corporate akan memproduksi coklat dengan cover wajah Ayu Michelle.

 

8 dari 8 halaman

Yayasan Akan Mengirimkan Miss Mega Bintang 2023 ke Ajang Kecantikan Internasional Berikutnya

Sebagai Founder dari Yayasan Dunia Mega Bintang yang menaungi sekaligus melaksanakan kontes kecantikan Miss Mega Bintang Indonesia, Ivan Gunawan memang memiliki tujuan untuk menjadikan top 5 dan pilihan dari top 10 Miss Mega Bintang 2023 sebagai perwakilan Indonesia di berbagai ajang kecantikan tingkat dunia,

“Sejak awal saya berencana membuat Miss Mega Bintang Indonesia, saya ingin memberikan kesempatan kepada top 10 miss Mega Bintang Indonesia 2023 untuk mendapatkan pengalaman internasional, dimana kita ketahui bahwa top 10 Miss Mega Bintang Indonesia pun layak bertanding ke ajang internasional,” kata Ivan Gunawan.

Yayasan Dunia Mega Bintang yang menaungi Miss Mega Bintang Indonesia memiliki beberapa lisensi internasional, dimana top 5 akan berangkat ke kompetisi internasional, yaitu Miss Grand International 2023 yang akan berlangsung di Vietnam, Miss Face of Humanity 2023 di Mexico, Reina Hispanoamericana 2023 di Bolivia, World Top Model 2023 di Monaco, Miss Eco International 2024 di Mesir dan Reina del Cacao di Panama.

Setelah kompetisi Reina del Cacao di Panama, Ivan akan mempersiapkan Miss Mega Bintang selanjutnya yang akan berangkat ke ajang kecantikan tingkat internasional berikutnya,.

“Akan ada pengumuman selanjutnya di tgl 17 Juli 2023. Dari Top 10 Miss Mega Bintang Indonesia 2023, akan ada yangg dikirim ke kompetisi Internasional lainnya. Dan yang sudah pasti, kamis dengan mempersiapan Miss Grand International 2023 di bulan Oktober di Vietnam,” pungkas Ivan Gunawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini