Sukses

Ayu Ting Ting Jalani Momen Liburan ke Korea Selatan Bersama Shandy, Sambangi Destinasi Wisata Populer di Negeri K-Pop

Shandy merupakan private tour langganan sejumlah artis. Terbaru, ada Ayu Ting Ting.

Liputan6.com, Jakarta Ayu Ting Ting bersama putrinya, Bilqis Khumairah Razak, dan adiknya, Syifa, baru saja berlibur ke Korea Selatan. Selama 10 hari, pelantun lagu "Alamat Palsu" berkelana ke sejumlah destinasi wisata favorit.

Selama berada di Negeri K-Pop, Ayu Ting Ting dan keluarga ditemani oleh Shandy, pria asal Indonesia yang sudah 11 tahun menetap di Korea Selatan.

Shandy merupakan tour guide yang menemani Ayu Ting Ting. Pria kelahiran Palembang, 14 Desember 1992 ini sudah lama menjadi langganan sejumlah artis untuk menemani jalan-jalan di Korea Selatan.

"Jadi saya tinggal di Korea Selatan sudah dai tahun 2012. Jadi sudah 11 tahun di Korea," kata Shandy saat dihubungi, Jumat, 12 Mei 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukan Pilihan Utama

Pria yang membuka bisnis private tour di Korea Selatan ini semula tak berencana untuk tinggal dan menetap di Negeri Ginseng.

"Awalnya ada dua pilihan antara China dan Australia, tapi karena udah terlalu banyak orang ke sana, jadinya mutusin sesuatu yang unik dan nggak banyak orang pergi, jadinya ke Korea," Shandy menuturkan.

 

3 dari 4 halaman

Suka Duka

Shandy mengungkap suka dan duka tinggal di Korea Selatan. Semula, kata dia, ada kendala dalam hal bahasa yang membuatnya salah mengartikan kultur budaya disana.

"Makanya kadang juga terkesan suka dirasis-in, tapi padahal mungkin gara-gara awal-awal nggak ngerti bahasa Korea, jadi terkesan dikucilkan. Tapi setelah ngerti bahasa Korea, semuanya berasa beda sekali. Malahan setelah ngerti bahasa dan culture-nya banyak hal yang aku suka di Korea dan makin suka sama negara ini," lulusan S1 Tourism Science Development ini menguraikan.

 

4 dari 4 halaman

Bisnis Private Tour

Shandy tak menyangka bisnis private tour untuk jalan-jalan di Korea Selatan bisa membuatnya dekat dengan banyak artis. Selain Ayu Ting Ting, Luna Maya dan Shandy Aulia merupakan langganan jasanya.

"Jadi kadang ada beberapa artis setiap kali ke Korea menggunakan jasa aku dan juga minta tolong untuk reserve ini itu, cariin tempat makan, tempat jalan dan sampai bantuin untuk business meeting," dia memungkasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini