Sukses

Raja Charles III dan Ratu Camilla Disambut Sorak Sorai Kala Dadah-Dadah dari Balkon Istana Buckingham, Pangeran Harry Tak Muncul

Rangkaian acara penobatan Raja Charles III ditutup dengan tradisi keluarga Kerajaan Inggris muncul di balkon Istana Buckingham dan menyapa rakyat yang berkumpul.

Liputan6.com, Jakarta Seremoni penobatan Raja Charles III telah berlangsung secara khidmat di Westminster Abbey pada Sabtu (6/5/2023) pagi jelang siang waktu setempat. Raja Charles dan Ratu Camilla kemudian dibawa kembali ke Istana Buckingham dalam iring-iringan kereta kuda dan parade militer.

Di Istana Buckingham, ribuan orang sudah memadati lokasi, menunggu kehadiran sang Raja dan Ratu. Ya, sesuai tradisi, keduanya menyapa rakyat dari balkon istana.

Dari siaran langsung yang ditayangkan Liputan 6, Raja Charles dan Ratu Camilla langsung disambut sorak-sorai rakyatnya. Keduanya—yang masing-masing mengenakan mahkota kebesaran—melambaikan tangan kepada publik.

Di belakang mereka, berjejer delapan Pages of Honor yang mendampingi mereka sejak seremoni di Westminster Abbey. Satu di antaranya adalah Pangeran George, cucu Raja Charles III, yang bertugas sebagai Page of Honor kakeknya ini.

Selain menyapa publik, Raja Charles dan keluarga juga menyaksikan atraksi dari pesawat jet Royal Air Force yang membelah langit di atas istana dan meninggalkan jejak asap warna-warni.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kemunculan Perdana Charles dan Camila di Balkon Sebagai Raja dan Ratu Inggris

Dalam tradisi ini, anak sulung sekaligus calon raja selanjutnya yakni Pangeran William juga hadir di balkon istana. Bersamanya, hadir pula sang istri, Kate Middleton, beserta Pangeran Louis dan Putri Charlotte.

Momen ini adalah pertama kalinya bagi Pangeran William dan Kate Middleton menyapa publik dari balkon Istana Buckingham sebagai Pangeran dan Putri Wales. Ini juga merupakan kemunculan pertama Charles dan Camilla sebagai Raja dan Ratu Inggris di balkon ikonis tersebut.

3 dari 4 halaman

Tanpa Pangeran Harry di Balkon

Sayang, dalam momen bersejarah ini anak bungsu Raja Charles tak terlihat. Meskipun hadir dalam seremoni penobatan, Pangeran Harry yang datang tanpa Meghan Markle ini memang telah dikabarkan tak akan terlibat secara langsung dalam acara lain. Termasuk kemunculan di balkon Istana Buckingham.

Pangeran Harry memang dikabarkan hendak buru-buru kembali ke Amerika Serikat. Bukan karena ogah berlama-lama di Inggris, tapi karena ingin mengejar momen ultah anak sulungnya, Pangeran Archie.

4 dari 4 halaman

Mengejar Ultah Pangeran Archie

Pangeran Archie memang berulang tahun yang keempat pada hari yang sama dengan penobatan Raja Charles III.

Karenanya, Pangeran Harry akan mengejar pesawat dengan penerbangan yang berlangsung selama 11 jam nonstop dan tiba di California pada petang hari, sesuai dengan perbedaan waktu di dua negara ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini