Sukses

Usai Meriahkan Hari Musik Nasional, Orkestra Sekolah Santa Theresia Ingin Tampil di Istana Negara

Siswa-siswi sekolah Santa Theresia merasa senang setelah berkolaborasi bersama Musica Studio's dalam Hari Musik Nasional.

Liputan6.com, Jakarta Musica Studio’s menghadirkan pertunjukan kolaborasi bertajuk “Hari Musik Nasional” dengan sekolah Santa Theresia dan Sarinah dalam rangka memperingati Hari Musik Nasional pada Kamis kemarin (9/3/2023) di Anjungan Sarinah, Jakarta Pusat.

Acaranya menampilkan talenta muda berbakat Tanah Air seperti Stevan Pasaribu, Shakira Jasmine, Difki Khalif, dan Putri ‘Alessa’. Penampilan mereka diiringi orkestra sekolah Santa Theresia yang terdiri dari 32 siswa dari tingkat SD, SMP, hingga SMA dan SMK.

Sebuah kesempatan berkolaborasi bersama salah satu label musik terbesar di Indonesia ini membuat siswa-siswi sekolah Santa Theresia merasa senang.

"Perasaan saya sebenernya excited ya, apalagi bisa berklaborasi dengan salah satu label musik terbesar di Indonesia. Seneng banget sih bisa ada di sini," kata Wilbert, salah satu murid Santa Theresia, di Sarinah, Kamis (9/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persiapan

Untuk mempersiapkan siswa-siswi Santa Theresia yang masih terbilang belia, melakukan latihan rutin di sekolah. "Latihannya tiga kali seminggu, latihannya di (hari) Senin, Rabu, dan Sabtu," kata Wilbert dan Prinka, murid Santa Theresia.

Selain itu, murid Santa Theresia dilatih untuk disiplin dan konsisten dalam berlatih. 

"Hari Sabtu itu hari libur mereka tapi mereka tetap bisa datang ke sekolah sesuai dengan jadwal latihan secara on time. Dan tidak hanya latihan di sekolah, kami juga mempunyai file untuk mengumpulkan rekaman dari hasil mereka berlatih di rumah," ujar Elly Noorwaty, Koordinator Santa Theresia Orkestra.

Tak lupa selain berlatih alat musik, Santa Theresia juga menyelipkan pembelajaran moral bagi siwa-siswinya.

"Penanaman nilai bagi anak-anak, di mana ketika berlatih banyak sekali nilai-nilai yang kami berikan. Seperti tanggung jawab, daya juang, dan komitmen. Bisa dilihat tadi panas-panasan walaupun anak (kelas) 1 SD dia bisa duduk dengan tenang, dan tetap bisa memberikan persembahan," tambah Elly.

3 dari 4 halaman

Harapan

Setelah diadakan pertujukan kolaborasi ini Santa Theresia berharap segala pembelajaran yang didapatkan oleh siswa-siswi dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Dan memberikan persembahan-persembahan yang lebih baik di masa yang akan datang.

"Saya berharap Santa Theresia Orkestra terus berkembang bersama. Ke depannya semoga bisa tampil di istana (negara) untuk Hari Kemerdekaan," kata Prinka.

"Moga-moga ke depannya bisa di internasional, nanti negara luar bisa liat anak Indonesia ternyata emang berwawasan global, bertalenta dan punya masa depan yang cerah," tambahnya.

4 dari 4 halaman

Sarinah

Sarinah sebagai tempat pertujukan kolaborasi mendukung dengan penuh segala kegiatan musik untuk dinikmati oleh seluruh masyarakat.

"Jakarta kota kompolitan, gedung tinggi, kadang kita bingung mau ke mana lagi. Di Sarinah setiap Senin itu selalu ada kegiatan musik, kami kasih kesempatan pada para musisi untuk menikmati," kata Irawati Endarwati, Vice President Group Bisnis Retail PT. Sarinah.

Ia juga menambahkan bahwa semua tentang Indonesia, "Bisa memberikan ruang untuk semua yang terbaik bagi Indonesia, untuk bisa dilihat, dinikmati, dan dimengerti banyak orang."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.