Sukses

Sadar dari Koma, David Latumahina Belum Bisa Mengenali Orang

David Latumahina akhirnya sadar setelah koma selama tiga minggu.

Liputan6.com, Jakarta David Latumahina akhirnya sadar setelah 3 pekan mengalami koma akibat dugaan tindak penganiayaan. Kondisi terkini David disampaikan langsung oleh Jonathan Latumahina, ayah David.

Pihak keluarga tentu sangat bersyukur dengan keadaan ini. Setiap harinya, kondisi kesehatan David Latumahina menunjukkan perkembangan yang baik.

"Semakin menunjukkan efek yang baik, karena sejak kemarin setelah melewati masa kritis, David tetap berada di ruang ICU," tutur Rustam Hatala, juru bicara keluarga David, dikutip dari YouTube Intens Investigasi (Rabu (8/3/2023).

"Tapi dia sudah bisa membuka mata, sebelumnya dia di fase emosional. Ada gerakan-gerakan emosional, tapi alhamdulillah itu juga sudah tenang," Rustam menyambung pernyataan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daya Ingat

Kendati demikian, daya ingat David Latumahina masih terganggu. Dia belum bisa mengenali orang-orang di sekelilingnya.

"Responsnya semakin banyak tapi memang belum bisa dikatakan sadar sepenuhnya. Karena memang walaupun sudah membuka mata, tapi juga belum bisa mengenali siapa yang ada di depan dia," papar sang juru bicara.

3 dari 4 halaman

Gerakan Emosional

Saat terbangun, David memang sempat menunjukkan gerakan-gerakan emosional. Rustam Hatala juga mengatakan bahwa David sempat memberontak.

"Kalau menurut informasi tadi emosionalnya mungkin karena itu memori terakhir di dia, mungkin pada saat penganiayaan ya, jadi itu mungkin yang terluapkan," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Usut Tuntas

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran memastikan pengusutan kasus dugaan penganiayaan yang dilakukan Mario Dandy Satriyo Cs akan diproses hukum secara maksimal.

"Dari awal saya terbuka mendapat masukan dari teman-teman Ansor, dari LBH Ansor, masyarakat umum, dari para pakar. Agar proses hukum kasus ini bisa maksimal," kata Fadil usai menjenguk David, di RS Mayapada, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (7/3/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.