Sukses

3 Nomine Oscar 2023 Film Internasional Terbaik Bisa Diakses Resmi di Indonesia: Close, EO dan The Quiet Girl

Film Close (Belgia), EO (Polandia), serta The Quiet Girl (Irlandia) telah tiba di Indonesia dan bisa diakses secara legal via platform streaming mulai Maret 2023.

Liputan6.com, Jakarta Malam puncak Oscar 2023 akan digelar di The Dolby Theare Los Angeles, AS, 12 Maret 2023 waktu setempat. Para pencinta film mulai berlomba menonton film-film yang beroleh nominasi di Academy Awards ke-95.

Salah satu kategori yang mencuri perhatian yakni Film Internasional Terbaik atau yang dulu dikenal dengan Film Berbahasa Asing Terbaik. Lima film dari lima negara berbeda bersaing ketat berebut Piala Oscar.

Kelima film itu yakni All Quiet on the Western Front (Jerman) yang meborong 7 piala di ajang BAFTA Awards, Argentina 1985 (Argentina), Close (Belgia), EO (Polandia), serta The Quiet Girl (Irlandia). Tiga dari lima film itu bisa diakses secara legal via platform streaming KlikFilm mulai Maret 2023.

“Puji Tuhan, katalog KlikFilm menghadirkan sederet film kaliber Oscar 2023, baik nominasi, shortlist, maupun submision di Academy Awards 2023,” ujar Frederica lewat pernyataan tertulis yang diterima Showbiz Liputan6.com, Rabu (1/3/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Close (Sutradara: Lukas Dhont)

Dua bocah usia 13 tahun di sebuah desa di Belgia, yakni Leo (Eden Dambrine) dan Remi (Gustav de Waele) bergaul karib. Memasuki sekolah menengah, mereka di kelas yang sama. Teman-teman Leo dan Remi mulai mempertanyakan kedekatan keduanya lalu jadi bahan olok-olok.

Leo menyangkal kedekatan mereka spesial. Remi memilih tak berkomentar. Perlahan persahabatan keduanya terguncang. Tayang di sesi penutup Festival Film Cannes 2022, Close menang kategori Grand Prize. Kini, ia menjadi wakil Belgia di Oscar 2023. Akankah Close menang?

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

2. EO (Sutradara: Jerzy Skolimowski)

Terinspirasi karya sineas Robert Bresson yakni film Au Hasard Balthazar, yang dirilis tahun 1966, Jerzy Skolimowski menggarap EO. Film ini mengikuti kehidupan keledai yang lahir di sirkus Polandia. Tayang perdana di Festival Film Cannes 2022, EO menang Best Composer dan Jury Prize.

EO salah satu kejutan besar di Oscar tahun ini. Pasalnya, film ini tak dilirik Critics’ Choice, BAFTA, hingga Golden Globe Awards. Komite Academy Awards memperlihatkan selera mereka dengan memilih EO sebagai wakil Polandia dalam reli panas 2023.

4 dari 4 halaman

The Quiet Girl (Sutradara: Colm Bairead)

Tahun 1981, Cait (Catherine Clinch) dititipkan ke kerabat jauh ibunya, pasutri Sean (Andrew Bannett) dan Eibhlin (Carrie Crowley). Di rumah Sean, ada sumur yang airnya disebut bisa menyembuhkan penyakit namun mesti berhati-hati saat mengambil air di dalamnya.

Konflik meruncing saat Cait diajak ke tempat pemerahan susu kemudian raib. Diganjar dua nominasi BAFTA Awards tahun ini untuk Film Berbahasa Asing dan Skenario Adaptasi Terbaik, kini The Quiet Girl bersaing di Oscar 2023. Kehadirannya jelas tak bisa diremehkan.

Selain ketiga film di atas, Anda juga bisa menikmati Joyland, Mars One, Goddamned Asura, dan Boy From Heaven.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.