Sukses

Nomine Oscar 2023 Berkat Everything Everywhere All at Once, Michelle Yeoh Sempat Kebingungan: Ya Tuhan, Aku Harus Ngapain?

Liputan6.com, Jakarta - Everything Everywhere All at Once sukses diganjar banyak nominasi di Academy Awards ke-95 alias ajang perebutan Piala Oscar 2023. Film bergenre drama komedi fantasi berbalut laga itu masuk dalam 11 kategori.

Selain Best Picture, nominasi yang menjadi sorotan untuk Everything Everywhere All at Once di Academy Awards ke-95 adalah kategori Best Actress (Aktris Utama Terbaik). Michelle Yeoh sebagai aktris utamanya pun berpeluang meraih langsung Piala Oscar 2023.

Menariknya, ada kisah yang tak disangka-sangka pada saat Michelle Yeoh pertama kali mendengar kabar membanggakan itu. Bukannya langsung gembira, aktris asal Malaysia itu justru sempat merasa kebingungan saat namanya muncul di nominasi Piala Oscar 2023.

Meskipun begitu, pada akhirnya Michelle Yeoh tetap meluapkan kegembiraannya bersama para sineas Everything Everywhere All at Once. Kini, namanya menjadi aktris Asia Tenggara pertama yang masuk nominasi Aktris Utama Terbaik di ajang Piala Oscar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kebingungan karena Tak Menyangka

Pada saat pertama kali mengetahui Everything Everywhere All at Once bertengger di banyak nominasi Academy Awards ke-95, Michelle sedang berada di London untuk syuting sebuah film baru. Ia pun mengaku sempat kebingungan saat pertama kali membaca nominasinya begitu bangun tidur.

"Aku baru saja syuting di London. Aku sudah bangun sepanjang hari, dan aku tidak tahu mana yang lebih baik atau lebih buruk. Saat kau tidur, kau tidak memikirkannya (soal nominasi). Aku bangun pagi ini sambil berkata, 'Ya Tuhan, ya Tuhan, apa yang akan aku lakukan?'" ujar Michelle Yeoh, melansir Variety, Selasa (24/1/2023).

"Kau tidak pernah berpikir kau akan sangat menginginkan sesuatu seperti ini sampai hal itu ada, dan kau tidak tahu apakah kau benar-benar bisa meraihnya," sambung Michelle.

 

3 dari 4 halaman

Bersorak Gembira

Setelah mengetahi pengumuman tersebut, Michelle Yeoh bersama produser dan kedua sutradara Everything Everywhere All at Once pun menyaksikan pembacaan pengumuman nominasi Piala Oscar 2023. Di situlah Michelle meluapkan kegembiraan dengan cara bersorak dengan ketiga sineas tersebut.

"Aku menontonnya bersama Jonathan Wang, produser kami, dan Daniel Scheinert serta Daniel Kwan (sutradara). Kami berteriak dengan sangat gembira karena kami tak berharap cintaku Jamie atau Stephanie (dua pemain lain yang sama-sama masuk nominasi Aktris Pendukung Terbaik) menang dari persaingan," ceplos Michelle.

"Mengapa mereka harus bersaing menjadi salah satu pemenang (di kategori yang sama) ketika mereka berdua layak berada di atas sana? Jadi ketika itu diumumkan (nama Michelle Yeoh), aku seperti, 'Hore!'" sambung Michelle mengungkapkan.

 

4 dari 4 halaman

Aktris Keturunan Asia Pertama

Melansir Deadline.com, disampaikan juga bahwa Michelle Yeoh disebut sebagai aktris keturunan Asia pertama yang meraih nominasi untuk kategori tersebut. Michelle Yeoh berharap nominasi ini bisa menginspirasi para talenta Asia lainnya.

"Saya pikir artinya untuk saya adalah agar orang-orang Asia di luar sana berpikir, 'Lihat, ini mungkin. Jika aktris itu bisa melakukannya, saya juga bisa melakukannya.' Itulah hal yang paling penting," jelas Michelle Yeoh.

"Saya sangat biasa saja. Saya hanya bekerja sangat keras. Ada banyak aktris, aktor brilian di luar sana yang tahu bahwa mereka punya kursi di meja. Segala yang mereka perlu lakukan adalah menemukan peluangnya dan menggapainya," lanjut Michelle Yeoh.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS