Sukses

Avatar: The Way of Water Tembus 2 Miliar Dolar Amerika, Masuk Urutan ke-6 Film Terlaris Dunia Sepanjang Masa

Liputan6.com, Jakarta - Film Avatar: The Way of Water alias Avatar 2 telah menjadi film yang sukses meraup pendapatan besar sepanjang akhir 2022 hingga awal 2023 ini. Pencapaian Avatar 2 di kancah box office dunia pun kini makin menjulang tinggi.

Per Minggu (22/1/2023) kemarin, Avatar: The Way of Water telah meraup pendapatan sebesar US$2 miliar (2 miliar dolar Amerika Serikat) atau setara dengan Rp30,05 triliun, seperti disampaikan pengamat film terkemuka asal Amerika Serikat, Erik Davis melalui akun Twitter resminya.

Mengintip Box Office Mojo per 23 Januari 2023, Avatar: The Way of Water telah menduduki posisi keenam film terlaris dunia sepanjang masa. Ada kemungkinan, film ini akan merebut posisi lebih atas lagi.

Erik Davis memperkirakan bahwa Avatar: The Way of Water minimal akan naik peringkat ke posisi keempat, melampaui film Avengers: Infinity War yang duduk di posisi kelima dan Star Wars: The Force Awakens yang duduk di posisi keempat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Posisi Nomor 1 Setelah Rilis

Total pendapatan tersebut dihitung berdasarkan pencapaian box office seluruh dunia pada akhir pekan lalu.

Sebelumnya, selama enam pekan berturut-turut, film ini menduduki posisi nomor 1 sejak dirilis pada Desember 2022.

 

3 dari 4 halaman

Sekuel dari Film Pertama yang Gemilang

Laporan dari Box Office Mojo tersebut juga menjadikan Avatar: The Way of Water sebagai satu-satunya sekuel dari film pertama yang tetap berada di puncak daftar film terlaris sepanjang masa.

Bahkan, dilihat dari peringkat 10 besar film terlaris sepanjang masa pun, tak ada lagi film dengan pencapaian serupa. Meskipun di nomor 12 ada sekuel dari Top Gun, yaitu film Top Gun: Maverick dan di posisi 14 ada Avengers: Age of Ultron, sekuel dari The Avengers.

 

4 dari 4 halaman

Sutradara 3 Film Peraih 2 Miliar Dolar AS

Selain itu, diinformasikan juga bahwa James Cameron menjadi sutradara pertama yang ketiga filmnya sukses meraup pendapatan lebih dari 2 miliar dolar AS.

Sebelum Avatar 2, film sang sutradara yang meraih pencapaian serupa adalah Titanic (1997) dan Avatar pertama (2009).

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS