Sukses

GKR Hemas Sebut Keluarga Erina Gudono Konsultasi ke Keraton Yogyakarta Soal Pernikahan Adat Jawa

Liputan6.com, Jakarta Ada satu catatan menarik dari prosesi siraman Erina Gudono yang digelar di Yogyakarta, Jumat (9/12/2022). Salah satu tamu yang hadir adalah permaisuri Keraton Yogyakarta, GKR Hemas.

Tak hanya hadir, Gusti Kanjeng Ratu Hemas, salah satu yang ikut membasuh tubuh calon istri Kaesang Pangarep dengan air kembang sebagai simbol Erina Gudono membersihkan diri dan hati sebelum menempuh ibadah pernikahan, dalam prosesi siraman.

GKR Hemas mengunggah video dokumentasi siraman Erina Gudono di akun Instagram terverifikasinya kemarin, seraya mengirim doa untuk pernikahan Kaesang dan Erina akhir pekan ini.

Prosesi siraman calon pengantin Erina Gudono. Semoga prosesi hari esok berlangsung lancar, khidmat, serta menjadi keluarga sakinah mawadah warohmah. Amin,” tulis GKR Hemas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Telah Berkonsultasi

Setelahnya, Sang Ratu mengatakan bahwa jelang pernikahan, keluarga Erina Gudono menemui pihak Keraton Yogyakarta untuk membahas detail prosesi pernikahan adat Jawa.

Sebelum rangkaian acara pernikahan dimulai, pihak keluarga Erina telah berkonsultasi langsung kepada pihak Keraton Yogyakarta. Beliau senang dan mengapresiasi masih ada anak muda yang mau menjaga kelestraian budaya,” akun Instagram terverifikasi Humas Jogja mengabarkan.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Nguri-uri Budaya Jawa

“Ya saya kira sudah sesuai dengan keinginan kedua mempelai yang pertama bahwa mereka akan menjalankan prosesi secara adat. Saya kira ini sangat luar biasa dan membanggakan untuk kita semua karena generasi muda masih nguri-uri kabudayaan," kata GKR Hemas.

Jumat (9/12/2022), Erina Gudono menjalani 7 upacara jelang akad nikah dari Siraman hingga Midodareni di kediamannya. Ketujuh upacara ini dijalani Puteri Indonesia Yogyakartya 2022 dengan lancar.

4 dari 4 halaman

2 Menteri Jadi Saksi

Akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan digelar di Pendopo Ageng Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022). Dua menteri dipercaya sebagai saksi nikah.

Mereka yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, Basuki Hadimuljono dan Menteri Sekretaris Negara RI, Pratikno. Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menjadi khatib.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS