Sukses

Istri Sultan Hamengkubuwono X dan Istri Paku Alam X Turut Membasuh Erina Gudono dalam Prosesi Siraman

Liputan6.com, Jakarta Upacara adat siraman jelang pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akhirnya telah digelar. Acara siraman ini digelar di kediaman Erina Gudono di Sleman, Yogyakarta.

Sebelumnya, Erina Gudono juga telah melakukan sugkeman untuk meminta restu kepada sang ibunda. Tak hanya kepada ibunda, Erina juga menjalani tradisi langkahan dalam rangka meminta izin kepada kedua kakaknya yaitu Allen Gudono dan Nadia Gudono yang ia dahului untuk menikah.

Sementara dalam acara siraman ini, tubuh calon istri Kaesang Pangarep dibasuh dengan air yang diambil dari tujuh mata air berbeda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

7 Sumber Air

Ketujuh mata air tersebut di antaranya adalah dari Masjid Panepen Kraton Yogyakarta, Pura Pakualaman, Pura Mangkunegaran, kediaman Presiden Jokowi di Solo, serta kediaman Ibu Gudono, orangtua Erina Gudono. Sisanya, diambil dari Masjid Raya Sheikh Zayed Surakarta dan air dari Tanah suci, air Zam Zam.

3 dari 4 halaman

7 Orang

Dalam upacara siraman itu, Erina Gudono dibasuh oleh tujuh orang, di antaranya adalah ibu Erina, Sofiatun Gudono; Istri Sultan Hamengkubuwono X, GKR Hemas; istri Paku Alam X, GKBRAy Atika Purnomowati; istri Mensesneg Pratikno, Siti Faridah Pratikno; Sutati Muhaimin; Zulaikha Surenggane; dan Nyai Hj Fatimatuz Zahro.

Acara kemudian akan dilanjutkan dengan tradisi Midodareni pada malam hari ini.

4 dari 4 halaman

Akad Nikah dan Ngunduh Mantu

Sementara di hari esok sebagai acara inti, sebelum acara akad nikah akan digelar juga tradisi pasrah tampi, akad nikah, dan dilanjutkan dengan Panggih Pengantin. Malam harinya, berlangsung acara resepsi pernikahan.

Tak selesai sampai di situ, Minggu (11/12/2022), juga akan digelar acara Ngunduh Mantu, Kirab Penganten, dan Tasyakuran di Pura Mangkunegaran, Solo, sekaligus juga sebagai pesta rakyat lewat ada sembilan panggung yang sudah dipersiapkan di kawasan Pura Mangkunegaran dan sekitarnya. Sembilan panggung hiburan disiapkan di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, mulai dari rumah dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung hingga Pura Mangkunegaran.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS