Sukses

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Berziarah ke Makam Leluhur Sebelum Gelar Pernikahan

Liputan6.com, Jakarta - Dalam hitungan hari, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan segera melepas status lajang. Tepatnya, pada 10 Desember 2022 mendatang, keduanya akan naik ke pelaminan.

Sebelum hari H datang, putra bungsu Presiden RI Jokowi sudah mengikuti berbagai prosesi. Di antaranya foto prewedding dan berziarah ke makam leluhur.

Saat berziarah, adik Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang Ayu kompak bersama sang kekasih mengenakan pakaian tradisional Jawa berwarna hitam.

Kaesang Pangarep dan Puteri Indonesia DIY 2022 mendatangi makam raja Mangkunegara I hingga IX, di kawasan Kerajaan Solo, Jawa Tengah, dilansir Instagram Intipseleb_antv, Jumat (2/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Beskap Ala Raja Jawa

Dalam video yang diunggah, tampak Kaesang Pangarep mengenakan beskap berwarna hitam ala Raja Jawa. Erina yang berjalan di samping calon suaminya, tampak anggun dengan kebaya warna senada.

Tak lupa, rambut Erina Gudono juga dipasangkan konde. Sepanjang jalan, Erina tak melepas rangkulan tangannya di lengan Kaesang Pangarep.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Khusyuk Berdoa

Tak hanya mendatangi komplek pemakaman Mangkunegara I, II, III, dan IV di Pengadek, Kaesang Pangarep juga mendatangi Mangkunegara V, VII, VIII dan IX di Giri Layu, Karang Anyar. Sementara, komplek pemakaman Mangkunegara VI berada di Astana Utara Nayu.

Di sana, Kaesang Pangarep tampak khusyuk berdoa di depan makam leluhur. Tak terlihat wajah candaan saat memasuki pemakaman.

Haryono, juru kunci Astana Utara Nayu, pemakaman Mangkunegara VI, menjelaskan ziarah yang dilakukan Kaesang Pangarep dan calon istrinya berlangsung tidak lama. Kaesang berdoa lalu tabur bunga, dan langsung meninggalkan Astana Utara Nayu, dilansir kanal YouTube TvOneNews, Kamis (1/12/2022).

 

4 dari 4 halaman

Ikuti Jejak Kakak

Haryono menjelaskan bahwa Kaesang Pangarep bukanlah anak Jokowi yang pertama kali datang ke makam leluhur Mangkunegara. Meski pun tak ada adat yang mewajibkan calon pengantin mendatangi makam Mangkunegara.

"Gibran juga ke sini," terangnya. Sayangnya, baik Kaesang maupun Erina tak memberikan pernyataan. Keduanya langsung naik ke mobil dan meninggalkan pemakaman usai berdoa.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS