Sukses

Influencer Sarah Sofyan Pamer Harmonisasi Motif Batik Betawi Lewat Koleksi Sloka, Terinspirasi Budaya Jakarta

Liputan6.com, Jakarta Sarah Sofyan dan dunia seni khususnya mode makin tak dapat dipisahkan. Infuencer dengan 100 ribuan pengikut itu baru-baru ini berkolaborasi dengan lini busana Kami. First, lalu memperkenalkan koleksi busana Sloka yang mengusung batik Betawi nan elok.

Kepada Showbiz Liputan6.com, di Jakarta, Jumat (25/11/2022), Sarah Sofyan menjelaskan, Sloka terinspirasi motif batik. Koleksi ini diambil dari elemen yang merepresentasikan Jakarta lalu dibubuhkan ke dalam pola motif seperti Buketan dan Geometri Kembang Kelapa.

Motif lain yang menguatkan unsur seni dalam koleksi Sloka yakni Bondol, Monogram Bondol, serta Monogram Lace. Sarah Sofyan menjelaskan kolaborasi kali kesekian dengan Kami. bukan tanpa alasan.

“Karena aku mengenal growing-nya Kami dari awal, kolaborasi yang ready to wear sudah dua kali. Aku pengin lebih spesial dan limited pieces untuk dipakai ke occation-occation tertentu tapi in a away, tetap pengin mengambil DNA Kami, yang down to earth,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Sudah Sekian Lama

“Kita sudah sekian lama nih tinggal di Jakarta, atau istilahnya numpang di sini. Jadi kenapa enggak kita coba lestarikan dan kenalkan kembali budaya Betawi kepada generasi muda,” Sarah Sofyan menyambung.

Menurutnya, Jakarta adalah kota “peleburan” budaya di mana masyarakat Indonesia dari Aceh hingga Papua ada di sana. Bisa dibilang, Jakarta adalah miniature Indonesia dengan ragam budaya tak kalah kaya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Kota

“Jakarta itu kan kayak jadi kota ‘peleburan’ dari semua, Sabang sampai Marauke. Kita penginnya bagaimana melihat itu dalam karya seni,” imbuhnya diiakan CEO and Director of Kami., Istafiana Candarini, yang akrab disapa Irin.

“Terlebih motif pada karya ini menggambarkan harmonisasi motif batik Jakarta yang saling melengkapi dan membentuk keindahan komposisi ilustrasi batik,” ujar Irin seraya berharap koleksi Sloka dapat mengenalkan Jakarta kepada audiens yang lebih luas.

 

4 dari 4 halaman

Lestari Budaya Batik

Sloka Batik bagian dari identitas orang Indonesia. Sudah sepatutnya orang Indonesia punya batik dari berbagai daerah lalu memakainya dalam momen istimewa. Sloka diharapkan meningkatkan kesadaran publik soal identitas dan warisan budaya termasuk budaya Betawi.

Sarah Sofyan senang dengan kolaborasi ini. “Lewat Sloka kami mendukung dan melestarikan budaya betawi agar lebih dikenal masyarakat luas sehingga kebudayaan ini bisa dirasakan oleh berbagai generasi nantinya,” harapnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS