Sukses

Kiki Fatmala Berkaca-kaca Ceritakan Perjuangan Melawan Kanker Paru Stadium 4

Kiki Fatmala didiagnosa mengidap kanker paru stadium 4.

Liputan6.com, Jakarta - Kiki Fatmala tak kuasa menahan kesedihan saat menceritakan perjuangannya melawan kanker paru-paru stadium 4. Ia bersyukur kepada Tuhan, karena masih diberi kesempatan hidup hingga saat ini.

"Enggak tau, setiap ngomongin sakit aku kayak mau nangis. Aku sangat bersyukur sekarang bisa ada di sini, seperti ini, itu karena pertolongan Tuhan," ucap Kiki Fatmala di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (10/11/2022).

Masih terbersit jelas di benak Kiki Fatmala ketika dirinya masih menjalani kemoterapi kanker paru. Kala itu, ada beberapa orang yang juga rutin menjalani kemoterapi bersamanya, namun takdir berkata lain.

"Aku tanya dokter, 'orang yang itu gimana dokter?', 'oh dia udah meninggal'. Ada beberapa orang yang kemo bareng aku meninggal. Jadi aku sekarang banyak mengucap syukur sama Tuhan, aku ada sampai saat ini karena kebaikan Tuhan," kata Kiki.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dapat Dukungan Suami

Kiki Fatmala bersyukur selalu mendapat dukungan dari orang sekitar saat berjuang melawan kanker. Terutama dari suami tercinta yang tak pernah lelah memberi semangat dan selalu ada disampingnya.

"Aku sembuh ya pasti karena Tuhan ya. Terus yang kedua, obat-obatnya bagus, semua bagus, yangg terbaik. Tapi juga harus ada orang yang men-support, yang menguatkan. Aku berjuang cancer enggak sendiri. Aku berjuang karena suami ada di sisi aku. Dia juga yang banyak nyari dokternya dimana, obatnya apa," urai Kiki Fatmala.

 

3 dari 4 halaman

Imunologi

Kini kondisi kesehatan Kiki Fatmala sudah jauh lebih baik dari sebelumnya. Setelah 8 kali menjalani kemoterapi, kanker yang bersarang di tubuh Kiki pun sudah mengecil. Meski begitu, Kiki mengaku masih harus pengobatan guna memastikan kesehatan tubuhnya.

"Setelah 8 kali dokter bilang udah enggak ada yang dikemo lagi, karena kankernya udah tidur. Kanker aku sudah mengecil. Sudah enggak kemo lagi, tapi sekarang aku imunologi," jelasnya.

 

4 dari 4 halaman

Dipantau Dokter

"Ada kan orang yang udah sembuh tahu-tahu kambuh lagi, jadi aku sekarang tetap dipantau sama dokter. Tiap bulan aku harus imunologi sama tiap 3 bulan aku petscan, jadi diambil darah. Jadinya tetap berobat sampai sekarang," sambung Kiki Fatmala.

Tak ada pantangan yang harus dipatuhi Kiki Fatmala di kondisi kesehatannya saat ini. Hanya saja, dokter menyarkan agar Kiki banyak istirahat dan tidak boleh stres. Itu sebabnya, Kiki membatasi aktivitas di dunia entertaint. (M. Altaf Jauhar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.