Sukses

Tragedi Halloween Itaewon, Ini 20 Event Hiburan Korea dari Program TV hingga Konser yang Ditunda dan Dibatalkan

Tragedi Halloween Itaewon yang terjadi pada Sabtu (29/10/2022) malam berdampak pada batalnya sejumlah acara di industri hiburan Korea Selatan.

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari Korea Selatan. Perayaan Halloween pada Sabtu (29/10/2022) malam di Itaewon berubah menjadi insiden maut. Padatnya pengunjung yang berdesak-desakan di gang sempit diduga menjadi pemicu saling injak dan gagal jantung, hingga menyebabkan kematian lebih dari 100 nyawa.

Dirangkum dari berbagai sumber, hingga Senin (31/10/2022) pagi dilaporkan ada 154 korban tewas dalam tragedi Itaewon. Sebanyak 26 orang dipastikan merupakan WNA. Artis Lee Ji Han yang merupakan jebolan Produce 101 Season 2 juga tewas dalam tragedi Itaewon. Lee Ji Han sempat menjadi bintang iklan TV (TVC) kopi instan produksi Indonesia.

Insiden ini menjadi sorotan internasional. Sejumlah acara pemerintah dan industri hiburan di Korea pun dibatalkan sebagai bentuk turut berkabung atas tragedi Halloween Itaewon.

Melansir berbagai sumber, setidaknya ada 20 acara hiburan Korea, mulai program TV hingga konser, yang ditunda atau dibatalkan demi menghormati korban Tragedi Halloween Itaewon. Berikut daftarnya dirangkum Showbiz Liputan6.com dari Koreaboo dan sumber lain, Senin (31/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

TXT

1 TXT

Boyband TXT rencananya meluncurkan video latihan koreografi 'Eternally' pada hari ini, 31 Oktober 2022. Tapi lewat akun media sosial resmi, peluncurannya resmi ditunda.

2 BOF

BOF Busan One Asia Festival K-POP Concert yang harusnya digelar pada Minggu, 30 Oktober 2022 juga dibatalkan. Pengisi acara seperti PENTAGON dan MAMMAMOO mengucapkan dukacita lewat media sosial.

3 Love FM

Akhir pekan kemarin, stasiun TV SBS seharusnya menyiarkan program Love FM dengan bintang tamu TO1, namun batal.

4 ENHYPEN

Boy group ENHYPEN membatalkan seluruh kegiatan promo hingga 5 November 2022. Termasuk peluncuran video Halloween dan sebuah episode EN O CLOCK.

5 DRIPPIN

Boyband DRIPPIN dijadwalkan merilis album baru pada 1 November 2022, beserta rangkaian kegiatan promo. Tapi pihak Woolim Entertainment resmi menyatakan peluncuran album ditunda sampai tanggal yang belum dipastikan.

 

3 dari 5 halaman

Jin BTS

6 DAWON

Dawon, salah satu personel boyband SF9, dijadwalkan merilis konten Halloween akhir pekan kemarin. Tapi acara ini resmi dibatalkan.

7 Aespa

Giselle dari girl group Aespa merayakan ulang tahun pada 30 Oktober. Sediakan ada live streaming spesial. Tapi ditiadakan pasca tragedi Halloween Itaewon.

8 Trot

Penyanyi Trot Jang Yoon Jung, Young Tak, dan Hong Jin Young membatalkan konser mereka yang seharusnya digelar pada 30 Oktober.

9 Running Man

Acara realitas Running Man akhir pekan kemarin seharusnya menampilkan Jin BTS, tapi tak jadi tayang lantaran stasiun TV fokus memberitakan insiden Itaewon.

10 Jin BTS

Jin BTS sedianya menggelar listening party pada 30 Oktober dan merilis video lirik Astronout pada 31 Oktober, tapi keduanya diundur.

4 dari 5 halaman

Chen EXO

11 KINGDOM

Boy group Kingdom dijadwalkan melakukan fansign dan video call menyambut Halloween, tapi resmi dibatalkan.

12 THE BOYZ

Boyband The Boyz yang sudah siap merilis konten baru pada 31 Oktober juga resmi melakukan penundaan.

13 CHEN EXO

Chen dari grup EXO sedianya merilis album solo ketiganya, Last Scene pada 31 Oktober. Pihak SM Entertainment resmi menunda dan belum dapat memastikan tanggal baru perilisan.

14 DKZ

Boyband DKZ seharusnya menggelar fan events bertema Halloween pada 30 Oktober, tapi dibatalkan.

15 Sungjong

Sungjong dari INFINTE yang sudah siap menggelar fanmeeting bertema Halloween juga batal.

5 dari 5 halaman

Kim Jae Joong

16 PEAKBOX

Konser “Peakbox 22-03” yang menampilkan artis Parc Jae Jung dan Monday Kiz juga dibatalkan

17 ABYSS

Artis yang bernaung di bawah ABYSS seperti Bambam GOT7 dan Sunmi seharusnya membacakan kisah misteri dalam acara Ghost Talk spesial Halloween, tapi batal.

18 NMIXX

Acara fansigning girl group NMIXX pada 30 Oktober dibatalkan. Selain itu, video bertema Halloween yang diunggah pada 27 Oktober juga di-takedown.

19 SM HALLOWEEN WONDERLAND

Pesta Halloween yang telah disiapkan SM Entertainment untuk 30 Oktober 2022 juga dibatalkan.

20. Kim Jae Joong

Konser Kim Jae Joong di Jepang yang seharusnya digelar Minggu, 30 Oktober 2022, dibatalkan dua jam sebelum pertunjukan dimulai atas permintaan mantan member TVXQ itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.