Sukses

Enda Ungu Nyanyikan Lagu Maafkan Aku dan Jadi Viral, Ternyata Penyanyi Aslinya Penjual Nasi Goreng

Enda Ungu menyanyikan lagu Maafkan Aku yang dinyanyikan band The Orion.

Liputan6.com, Jakarta Viral lagu "Maafkan Aku" dan banyak dijadikan cover oleh beberapa penyanyi di YouTube dan TikTok. Bahkan, gitaris band Ungu, Enda, juga ikutan mengcover lagu tersebut. Sampai ada yang menyebut bahwa lagu tersebut dinyanyikan oleh Enda Ungu.

Seperti dilihat dalam deskripsi video di akun YouTube milik Enda, dirinya menuliskan bahwa lagu tersebut bukan miliknya, melainkan milik Band The Orion.

"Saya mengcover lagu ini karena banyak request. Lagu ini bukan ciptaan saya. Setelah saya telusuri, judul asli lagu ini "Lupakan Aku" yang dipopulerkan The Orion band," tulis Enda di deskripsi seperti dilihat baru-baru ini.

Tak banyak yang mengetahui The Orion band. Setelah ditelusuri lebih jauh, rupanya salah satu personel band The Orion menjadi penjual nasi goreng di Taman Barito, Jakarta Selatan. 

Sang vokalis bernama R. Tias, juga merupakan pencipta lagu "Maafkan Aku". Disinggung mengenai lagunya yang viral, hingga dicover banyak orang, R Tias mengaku senang.

"Ya senang ya. Terima kasih kepada orang-orang yang sudah mempopulerkan lagu kami, Maafkan Aku. Terima kasih juga buat Bang Enda," kata R. Tias kepada wartawan saat ditemui di Taman Barito, Jakarta Selatan, Jumat (16/9/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diciptakan

Lagu "Maafkan Aku" diciptakan R. Tias pada 2008 lalu saat dirinya bersama dua personel lainnya, yakni Bryan (gitar) dan Ipung (gitar), masih kuliah di salah satu kampus di Malang, Jawa Timur.

Kala itu, lagu tersebut meledak di tempat penjual Compact Disk (CD) bajakan. Namun yang disayangkan R Tias, sampul CD tidak mencantumkan nama band The Orion sebagai pemilik lagu. Yang ada hanyalah foto dan nama Enda Ungu.

"Tahun 2008 awal, kami bikin demo lagu dan coba masukin ke label-label. Nggak tahu kenapa lagu itu tahun 2009 meledak di tempat jual CD (compact Disk) bajakan, dan anehnya lagu itu tertulis Enda Ungu (yang nyanyi). Kami nggak punya kekuatan untuk mengklaim, siapa yang bakal percaya?" Kata R. Tias.

 

3 dari 4 halaman

Sempat Vakum

Singkat cerita, Band The Orion vakum dan personelnya sibuk dengan kegiatan masing-masing. Bryan masih sibuk dengan kegiatan bermusik, sementara Ipung dan R. Tias menjalani usaha.

"Ipung jualan kopi, dan saya sendiri jualan nasi goreng di Taman Barito dari tahun 2014 sampai sekarang," kata R Tias.

Masih kata R Tias, di tahun 2022 ini, lagu "Maafkan Aku" kembali viral setelah dibawakan penyanyi Indah Yastami.

"Jadi setelah pandemi, tahun 2022, ada Indah Yastami, cover lagu Maafkan Aku dan meledak lagi sampai 40 juta viewer," tuturnya.

 

4 dari 4 halaman

Manajemen Artis

Viralnya lagu tersebut, kata R Tias membuat salah satu manajemen artis, yakni Positif Art tertarik menyatukan dan menghidupkan kembali Band The Orion.

"Kami digandeng Positif Art untuk kembali bermusik. Kami juga sudah menyiapkan single kami selanjutnya," tuturnya.

Meski sudah kembali bermusik, R Tias mengaku belum bisa melepas usahanya sebagai penjual nasi goreng. "Ya disela kesibukan bermusik, saya masih jualan nasi goreng," tuturnya.

R. Tias berharap, cita-citanya sebagai musisi terkenal bisa terwujud dengan The Orion menuai sukses di panggung musik. Ia juga berharap bisa bertemu dengan Enda Ungu untuk berkolaborasi.

"Harapannya sih pertama sukses ya, dan mudah-mudahan bang Enda Ungu ada waktu bertemu dengan kami. Kami mau kolaborasi," pungkasnya malu-malu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.