Sukses

Drakor Narco-Saints Diprotes Menteri Luar Negeri Suriname, Dianggap Menodai Citra Negara

Liputan6.com, Seoul - Drama Korea Narco-Saints yang ditayangkan Netflix mulai 9 September 2022 lalu mendapat perhatian dari Menteri Luar Negeri Suriname. Sayang, perhatian ini bukan karena alasan yang baik.

Dilansir dari Korea Joongang Daily, Kamis (15/9/2022) drakor ini mendapat protes keras dari Menteri Luar Negeri, Hubungan Internasional dan Kerja Sama Internasional, Albert Ramdin. Hal ini diungkap dalam press briefing yang digelar pada 12 September lalu, seperti diwartakan Suriname Herald.

Reaksi negatif ini dilayangkan karena penggambaran negara Suriname dalam drakor tersebut, yang menurutnya diperlihatkan sebagai negara korup yang diasosiasikan dengan kokain.

“Negara ini berada di ambang krisis untuk kembali dinodai dengan citra seperti ini karena serial Netflix yang baru-baru ini dirilis. Saya akan melakukan kontak dengan Korea mengenai masalah ini,” begitu pernyataannya.

Ditambahkan bahwa Narco-Saints dirilis dengan judul Suriname dalam bahasa Korea.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tak Seperti di Drakor

Sang Menteri menyatakan akan mengambil tindakan legal kepada produser serial ini. Ia juga menyatakan Suriname telah berusaha keras menjauhkan negaranya dari citra negatif seperti yang digambarkan dalam drakor.

“[Suriname] bukan lagi negara yang bisa diasosiasikan dengan narkoba,” kata dia.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Hubungi Kedutaan Korea di AS

Dilansir dari Allkpop, Kementerian Luar Negeri Korea juga tengah memonitor situasi setelah menerima laporan terkait hal ini. Korea dan Suriname sendiri telah menjalin kerja sama diplomatik sejak 1975. Kini ada kedutaan Korea di Venezuela, yang juga membuka pelayanan untuk Suriname.

Narco-Saints sendiri dibintangi sejumlah aktor kawakan ternama Korea Selatan. Mereka antara lain adalah Ha Jung Woo, Park Hae Soo, Hwang Jung Min, dan lainnya.

4 dari 4 halaman

Kang Ingu Dijebak

Narco-Saints sendiri berkisah tentang Kang Ingu (Ha Jung Woo), yang berangkat ke Suriname demi mencari uang untuk keluarga. Apa pun ia lakukan demi memberi makan keluarga, membuatnya kadang berada dalam situasi sulit. Datang seorang pastor, Jeon Yohan (Hwang Jung Min), yang menolongnya dari kesulitan.

Kang Ingu merasa nasibnya kini telah berubah, sekaligus berutang budi kepada pastor berpengaruh di komunitas Korea dan Suriname itu. Ia memutuskan pulang kampung ke Korea Selatan. Nahas, ada narkoba yang ditemukan di antara barang-barangnya.

Di sela waktu hukuman, ia ditemui oleh Choi Changho (Park Hae Soo), seorang agen NIS, yang memberi sebuah tawaran sekaligus membongkar kedok Jeon Yohan yang sesungguhnya: seorang penipu dan gembong narkoba.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS