Sukses

The Fly dan Otong Koil Kolaborasi Lagu Palsu 20 yang Dirilis Tahun Lalu, Belum Pernah Sepanggung

The Fly mengaku terkesima dengan penampilan Otong Koil.

Liputan6.com, Jakarta Band yang sempat fenomenal The Fly bakal berkolaborasi dengan Otong Koil. Mereka akan membawakan lagu Palsu yang sempat dirilis pada tahun 2002 silam. Mereka menggabungkan musik rock dengan nuansa elektronika mungkin bisa dikatakan sebagai satu momentum meleburnya idealisme untuk sebuah karya lagu. 

Terbang merupakan debut pengantar sukses band asal Jakarta, The Fly. Band yang personilnya kini tersisa Kin (Gitar dan Vocal) dan Levi (Bass) masih eksis hingga kini. Mereka memang lebih aktif di balik layar, membantu banyak sekali band lokal dalam memproduksi dan membimbing materi karya-karya lagunya.  The Brandals dan Naif adalah segelintir dari band yang identic satu tongkrongan dengan The Fly. 

Memasuki era 2000an, The Fly yang sedang getol mengeksplorasi suara elektronik untuk kebutuhan album berikut mereka, Episode III. The Fly waktu itu telah menyelesaikan seluruh rekamannya dan sedang menyelesaikan mixing album tersebut, termasuk lagu Palsu. Kin dan Levi yang pada saat itu diundang untuk menghadiri konser terakhir band Puppen, dan untuk pertama kalinya mereka melihat penampilan dari band asal Bandung, Koil. 

"Levi tuh lagi ngulik banget sound-sound elektronik yang memang akan diaplikasikan di Episode III. Terus pas kita liat Koil secara live, sound dan look nya menyita perhatian kita berdua. Kita pengen tahu apa memungkinkan kita untuk bekerja sama. Soalnya kita merasa nyambung dengan konsep Episode III, walau mereka sih keras banget sudah nyerempet industrial rock," ujar Kin sang vokalis dalam keterangan tertulisnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Konsep

Melihat kesamaan konsep dengan apa yang dipertunjukan oleh Koil saat itu, The Fly mencoba untuk menghubungi pihak Koil untuk mengajak kerjasama. Namun tak satupun dari mereka yang kenal dengan pihak Koil.

"Kita memang nggak saling kenal dengan mereka. Dan karena kesibukan masing-masing, dimana saat itu The Fly dan Koil memang lagi sering banget main offline. Akhirnya kontakan dilakukan full melalui manager. Setelah kita kirim materi demo dan Otong Koil juga suka dengan materinya, akhirnya kita rekam ulang versi baru lagu Palsu," tambahnya.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Tak Pernah Bertemu

Selama proses pengerjaannya, mulai dari penulisan ulang, merekam gitar, take vocal hingga mixing mastering ternyata mereka tidak pernah bertemu langsung.

"Kita nggak pernah ketemu sama sekali. Kita kirim-kiriman CD data. Pas kita dengerin, wah ini lagu jadi keras banget. Tapi kita semua suka. Otong dan Koil benar-benar serius ngerjainnya. Bisa dilihat dari Track vocal yang benar-benar banyak dan penuh lengkap dengan berbagai alternatif. Sampai akhirnya kita justru mengurangi porsi vocal Kin dan Bjah untuk memberi ruang bagi Otong," ujar Levi.

 

4 dari 4 halaman

Khawatir

Ada rasa khawatir dari mereka ketika akan mempresentasikan lagu tersebut ke pihak label, karena lagu tersebut memang terkesan sangat keras sekali. Namun gayung bersambut baik, ternyata tim A&R memberi dukungan penuh untuk materi ini. 

"Lagu (Palsu) ini memang berubah menjadi berkesan sangat keras, namun dengan polish dan finishing touch yang baik akhirnya lagu tersebut diterima dengan baik sekali oleh teman-teman radio. Kita merasa bahwa karya ini menjadi satu karya yang monumental bagi kami. Dan yang paling penting, Gue dan Levi happy banget, langkah kita mempercayakan intuisi kita untuk ajak Otong Koil membuahkan hasil yang baik bahkan melebihi ekspektasi kita hahahahaa," ujar Kin.

"Dan yang paling gokil adalah kita baru bisa bertemu Otong saat pembuatan video musiknya yang hingga saat ini belum pernah kita sama-sama satu panggung untuk bawain lagu tersebut," ujar Levi menutup sesi bincang-bincang.  

Kini album Episode III sudah tersedia di seluruh platform music digital, mari sama-sama kita dengarkan kembali kolaborasi The Fly feat Otong Koil dalam lagu Palsu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.