Sukses

Selebgram Juju Onyols Dukung Gerakan Nasional Literasi Digital, Sorot Pentingnya Bijak Bermedsos

Juju Onyols cukup populer di Instagram. Akun Instagram pribadi selebgram yang memuat beragam konten diikuti lebih dari 120 ribuan orang.

Liputan6.com, Jakarta Juju Onyols cukup populer di Instagram. Akun Instagram pribadi selebgram ini memuat beragam konten dan diikuti lebih dari 120 ribu orang. Baru-baru ini, Juju Onyols menjadi bintang tamu dalam webinar program literasi digital nasional sektor pendidikan Sumatra.

Program untuk para guru dan siswa di Palembang ini digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi. Lebih dari 18 ribu orang hadir di sini.

Juju Onyols yang merupakan kreator sekaligus key opinion leader tampil membawakan materi bertema Etika Digital. Menurutnya, era digital membuka banyak kesempatan kepada siapa saja termasuk generasi muda.

Dalam kesempatan itu, Juju Onyols juga menekankan pentingnya bijak bermedsos. Saat medsos digunakan dengan tepat, maka banyak manfaat yang bisa didapat termasuk cuan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pakai Medsos dengan Benar

“Jika memakai media sosial dengan benar, akan ada banyak manfaat yang didapatkan,” kata Juju Onyol dalam pernyataan tertulis yang diterima Showbiz Liputan6.com, Minggu (11/9/2022).

“Seperti jika membuat konten positif berupa video di medsos dapat berkenalan dengan bintang iklan, bahkan juga dapat jadi bintang iklan itu sendiri dan jadi pembicara,” ia menyambung.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

12,6 Juta Masyarakat

Dalam kesempatan itu, Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Jhonny G. Plate menjelaskan bahwa pihaknya fokus memberikan literasi digital kepada kelompok pendidikan.

“Sejak dilaksanakan pada 2017, program lieterasi digital telah menjangkau lebih dari 12,6 juta masyarakat. Setidaknya tahun ini akan diberikan pelatihan literasi digital kepada 5,5 juta masyarakat,” ungkapnya.

 

4 dari 4 halaman

Sejumlah Data Menarik

Dalam webinar ini juga terungkap sejumlah data menarik. Survei Literasi Digital di Indonesia pada 2021 membeberkan bahwa Indeks atau skor Literasi Digital di Indonesia berada di level 3,49 dari skala 1 sampai 5. Artinya, Indonesia berada di kategori Sedang.

HootSuite dan We Are Social melaporkan pengguna internet di Indonesia 202,6 juta jiwa pada awal 2021 atau meningkat 15,5 persen jika dibandingkan dengan awal tahun sebelumnya. Itu merupakan 73,7 persen dari total populasi Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.