Sukses

Klarifikasi Sutradara Andi Bachtiar Yusuf: Yang Saya Lakukan Dorongan, Bukan Tamparan

Sutradara Andi Bachtiar Yusuf akhirnya buka suara soal dugaan melakukan kekerasan di lokasi syuting dengan menampar dan mendorong kru perempuan.

Liputan6.com, Jakarta Andi Bachtiar Yusuf akhirnya buka suara soal dugaan kekerasan di lokasi syuting yang menempatkannya sebagai bulan-bulanan di medsos. Isu yang beredar, sineas yang mengklaim diri sebagai sutradara terganteng se-Indonesia ini diduga menampar kru perempuan.

Aksi tak terpuji ini diduga terjadi karena persoalan kostum. Lama bungkam, Andi Bachtiar Yusuf akhirnya menyampaikan klarifikasi sepanjang sembilan halaman yang diunggah di akun Instagram pribadinya, Jumat (2/9/2022).

Sejumlah pernyataan sikap disampaikan. Pada halaman keempat, sutradara film Romeo Juliet dan Hari Ini Pasti Menang membeberkan kronologi aksi kekerasan di lokasi syuting versinya seraya membantah menampar kru.

Suatu hari kami merasa kekurangan figuran dan saya merasa permintaan akan jumlah serta seperti apa pakaian mereka sudah terdata setidaknya H-2 sebelum produksi,” tulis Andi Bachtiar Yusuf.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makanya Saya Memaksa

Ia lantas mengenang momen memaksakan syuting dengan jumlah figuran terbatas, hasilnya buruk. Kalau sudah begini, nama dan reputasi Andi Bachtiar Yusuf sebagai sutradara berada di bawah tekanan.

Makanya saya memaksa untuk menggenapi jumlah sesuai kesepakatan. Saya kesal dan memaksa talent coordinator (sebut saja kru) untuk melengkapi jumlah,” ia menyambung.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Saya Sangat Kesal

Saya dorong agar menjauh karena saya sangat kesal. Sebagai orang yang percaya bahwa kekerasan sebaiknya hanya terjadi di film aksi, saya yakin betul bahwa adalah DORONGAN yang saya lakukan, bukan TAMPARAN,” cuit Andi Bachtiar Yusuf.

Setelah menampik tudingan menampar kru, ia menyebut setelah mendorong kru tersebut menjauh, suasana di lokasi syuting kembali menyenangkan. Para kru membaur.

 

4 dari 4 halaman

Sempat Menari

Kami kemudian melakukan pekerjaan, sempat menari di area panggung pensi, ber-slamdancing, moshpitting, serta tentu saja membentuk circle of death seperti di masa-masa lalu,” ia mencuap.

Hari terakhir syuting Catatan Akhir Sekolah The Series pun terasa mengasyikkan. “Saya sungguh bahagia, masa remaja seperti datang kembali. Memori dan kehidupan tanpa beban,” pungkas Andi Bachtiar Yusuf.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.