Sukses

Ziarah, Pamit dan Berdoa di Makam Eril, Ridwan Kamil: Saya Akan Berhaji Atas Nama Emmeril Kahn Mumtadz

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah bertolak menuju Mekkah untuk melaksakan ibadah haji 2022. Tahun ini, Ridwan Kamil melaksanakan ibadah haji bersama istrinya, Atalia Praratya dan juga putrinya Camillia Laetitia Azzahra.

Keberangkatan Ridwan Kamil ke Tanah Suci dibagikan melalui akun Instagram terverifikasinya sejak 3 Juli 2022. Politikus berkacamata itu berangkat melaksanakan ibadah haji sekaligus untuk memimpin jamaah haji provinsi Jawa Barat.

"Besok Senin saya sebagai Gubernur, akan pergi menunaikan tugas memimpin jemaah Haji Jawa Barat yang berjumlah 17,000-an jemaah. Doakan aman kondusif selama di sana," tulis Ridwan Kamil membagikan kabar dirinya sudah bertolak menuju Baitullah.

Sebelum berangkat haji, Ridwan Kamil menyempatkan untuk berziarah ke makam mendiang putranya, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril. Ridwan Kamil pamit sekaligus berdoa di pusara Eril.

 

2 dari 4 halaman

Berhaji Atas Nama Eril

Saat berziarah dan berdoa di makam Eril, Ridwan Kamil sekaligus meniatkan ibadah hajinya untuk mendiang pria yang sempat hilang di sungai Aare, Swiss, sebelum ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

"Sekalian di momen ini, saya akan berhaji atas nama almarhum Emmeril Kahn Mumtadz. Karenanya, tadi pagi ziarah, pamit dan berdoa di makam Eril," tulis Ridwan Kamil.

3 dari 4 halaman

Memohon Doa

Atalia Praratya, istri Ridwan Kamil, juga memohon doa kepada seluruh masyarakat agar perjalanannya ke Tanah Suci itu diberikan kelancaran.

"Assalamu’alaikum akang tetehh.. Mohon doa… mohon doa.. dan Mohon dibukakan pintu maaf…," tulis Atalia Praratya pada Senin (4/7/2022).

4 dari 4 halaman

Seolah Pergi Haji Berempat

Dengan membadalkan haji mendiang putranya, Atalia Praratya merasa seolah Eril ikut berangkat bersamanya.

"Di musim haji tahun ini Insya Allah kang emil akan beribadah haji atas nama a Eril (badal haji). Bahagianya seolah kami tetap beribadah ber 4. Nitip arka yaa…❤️ Bismillah… Emil-eril-lia-zara-," sambung Atalia Praratya.