Sukses

Gaun Marilyn Monroe Dikabarkan Rusak Gara-Gara Kim Kardashian, Pemiliknya Bereaksi

Liputan6.com, Los Angeles - Met Gala memang telah berlalu hampir 1,5 bulan lalu, tapi kontroversi gaun Marilyn Monroe yang dikenakan Kim Kardashian masih jadi pembicaraan hingga kini. Yang terbaru, gaun yang dibuat khusus untuk tubuh sang aktris legendaris tersebut, dikabarkan rusak setelah dikenakan mantan istri Kanye West ini.

Di media sosial, beredar foto yang diklaim sebagai perbandingan gaun itu sebelum dan sesudah dikenakan kakak sambung Kylie Jenner. Di bagian “sesudah,” kain di gaun tersebut terlihat agak renggang seperti bekas tertarik.

Foto-foto ini jelas memantik kemarahan publik. Ripley’s Believe It or Not! yang memiliki gaun ini merespons keberadaan foto yang viral tersebut.

“[Kim Kardashian] tidak merusak pakaian tersebut dalam waktu singkat, saat gaun ini dikenakan di Met Gala," begitu pernyataan pihak Ripley’s Believe It or Not! seperti diwartakan E! News, Jumat (17/6/2022).

 

p>* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Misi Pihak Ripley's

Pihak Ripley's juga mempertahankan alasan mereka meminjamkan gaun bersejarah tersebut kepada Kim Kardashian. 

"Misi kami adalah untuk menghibur dan mendidik pengunjung dan penggemar, serta memicu percakapan seperti obrolan seputar gaun Marilyn Monroe," kata mereka. 

Ditambahkan, "Yang mana pun kubu Anda dalam perdebatan ini, pentingnya sejarah gaun itu tidaklah disangkal, melainkan mendapat lampu sorot. Kini kelompok baru yang terdiri dari para anak muda telah diperkenalkan dengan warisan Marilyn Monroe."

3 dari 4 halaman

Baik-Baik Saja

Amanda Joiner, Wakil Presiden Penerbitan dan Lisensi Ripley's Entertainment juga menegaskan bahwa gaun itu dalam kondisi baik-baik saja. 

"Sejak masih di bawah tangga Met di mana Kim mengenakan gaun itu, hingga saat gaun itu dikembalikan, gaun itu dalam kondisi yang sama sejak awal," kata Amanda Joiner.

4 dari 4 halaman

Mengkhawatirkan

Keputusan untuk mempersilakan Kim Kardashian mengenakan gaun Marilyn Monroe disayangkan banyak pihak. Salah satunya Scott Forner, sejarawan dan kolektor yang fokus dalam topik tentang Marilyn Monroe, yang merasa bahwa tindakan ini mengkhawatirkan. 

"Gaun ini dibuat secara khusus untuk Marilyn Monroe. Ini bukan pakaian yang dibeli jadi. Ini dibuat oleh desainer pemenang Academy Award Jean Luis, yang mendesain kostum untuk dua film terakhir Marilyn: The Misfits dan Something's Got to Give," tuturnya.

Scott Forner menyatakan saat memesan gaun tersebut kepada sang desainer, aktris legendaris ini secara khusus menginstruksikan bahwa ia ingin mengenakan gaun yang bakal jadi legenda, dan "yang hanya bisa dikenakan Marylin Monroe."

Marilyn berdiri tanpa sehelai pakaian, sementara gaun tersebut didesain mengikuti lekuk tubuhnya. "Dalam hal ini, ukuran Kim Kardashian berbeda dengan Marilyn. Secara logis, bisa diasumsikan bahwa kain dan jahitannya bisa tertarik," Scott Forner mengulas.