Sukses

Aktor Riverdale Ryan Grantham Akui Bunuh Ibu Sendiri, Susun Rencana Serupa untuk PM Kanada Justin Trudeau

Di persidangan, Ryan Grantham menyatakan penyesalannya.

Liputan6.com, Ottawa - Sebuah berita mengagetkan datang dari Ryan Grantham, aktor yang pernah tampil dalam serial kondang Riverdale dan film Diary of a Wimpy Kid. Diwartakan People dan E! News, Kamis (16/6/2022), pria 24 tahun ini mengakui bahwa ia telah membunuh ibu kandungnya sendiri.

Tak cuma itu, ia berencana melakukan hal serupa kepada Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau. Diwartakan oleh CBC, hal ini diungkapnya sendiri dalam persidangan.

Maret lalu, ia mengaku telah melakukan pembunuhan terhadap ibunya sendiri, Barbara Waite, yang kala itu berusia 64 tahun. Kantor Kejaksaan Bristish Columbia, Kanada, mengofimasi bahwa Ryan Grantham dikenakan pembunuhan tingkat dua terhadap sang ibu, yang memiliki ancaman hukuman seumur hidup.

Peristiwa pembunuhan terhadap sang ibu terjadi pada Maret 2020 lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hendak Membunuh PM Kanada

Peristiwa berdarah ini terjadi pada 31 Maret 2020. Dalam dokumen yang dibacakan di pengadilan, Ryan Grantham menembak Barbara Waite, di bagian belakang kepala saat sang ibu bermain piano di rumah mereka.

Keesokan harinya, dengan mobilnya ia membawa tiga senjata api, bom molotov, amunisi, perlengkapan berkemah, dan peta. Tujuannya adalah Rideau Cottage di Ottawa—tempat Trudeau dan keluarganya tinggal.

Saat berangkat, rencananya berubah.

3 dari 4 halaman

Alasan Membunuh

Di tengah jalan, ia membelokkan mobilnya, berencana melakuan penyerangan di sekolahnya, Simon Fraser University, atau di Jembatan Lions Gate yang terletak di Vancouver. Untungnya, kedua hal ini tak jadi ia lakukan. 

Pria ini menyerahkan diri ke polisi dan memberi tahu petugas, "Saya telah membunuh ibu saya."

Pengacaranya menyebut Grantham membunuh ibunya bukan karena rasa benci. Tapi ia tak ingin sang bunda melihat apa yang akan ia lakukan. 

4 dari 4 halaman

Menyia-nyiakan Hidup

Di persidangan, Ryan Grantham menyatakan penyesalannya. "Saya tidak dapat menjelaskan atau membenarkan tindakan saya. Saya tidak bisa mencari-cari alasan," kata Grantham. "Saya sungguh sedih saat berpikir telah menyia-nyiakan hidup saya," tambahnya. 

Di dunia hiburan, Ryan Grantham terlibat dalam sejumlah film. Ia mendapat peran di satu episode Riverdale pada 2019, sebagai Jeffery Augustine yang membunuh Fred Andrews (Luke Perry) dalam tabrak lari. Dia juga memerankan Redwood di Becoming Redwood pada 2012 dan Rodney James di Diary of a Wimpy Kid pada 2010.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.